Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Akulaku. Sumber: akulaku.com

Akulaku. Sumber: akulaku.com

Sepanjang 2020, Pembiayaan Akulaku Finance Tumbuh 40%

Senin, 22 Februari 2021 | 18:44 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Perusahaan pembiayaan bagian dari Akulaku Group, PT Akulaku Finance Indonesia (Akulaku Finance) membukukan pertumbuhan penyaluran pembiayaan sebesar 40% sepanjang tahun 2020. Perseroan pun memperkuat kolaborasi dalam rangka memperoleh pendanaan di tahun ini.

Berdasarkan data yang dipaparkan Akulaku Finance, pencapaian penyaluran pembiayaan di tahun 2020 semakin baik dengan rasio pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) net sebesar 0,05%. Namun demikian, perseroan mengakui pandemi Covid-19 turut memberikan tekanan yang cukup dalam pada seluruh sektor perekonomian.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah menjadi game changer yang mengubah berbagai kebiasaan masyarakat untuk menjaga jarak saat beraktivitas dan serba digital, termasuk dalam hal mengakses layanan keuangan. Perubahan kebiasaan tersebut berdampak positif terhadap kenaikan penyaluran pembiayaan melalui platform daring.

Melihat potensi yang ada di tahun ini, perseroan merapatkan barisan dengan menjalin kerjasama pembiayaan dengan empat bank perkreditan rakyat (BPR). Kerjasama tersebut memungkinkan Akulaku Finance menyerap pendanaan sindikasi untuk disalurkan sebagai pembiayaan dengan skema executing.

Empat BPR yang terlibat di dalam kerjasama tersebut antara lain PT Bank Perkreditan Rakyat Supra Artapersada (sekaligus bertindak sebagai Lead Arranger), PT Bank Perkreditan Rakyat Naribi Perkasa, PT Bank Perkreditan Rakyat Ciledug Dhana Semesta, dan PT Bank Perkreditan Rakyat Rama Ganda.

Efrinal menyampaikan, kerjasama dengan sejumlah BPR tersebut merupakan aksi korporasi dalam mewujudkan kolaborasi inklusif dengan mitra institusi lembaga keuangan dalam memperluas jangkauan akses pembiayaan yang lebih luas kepada masyarakat. Hal tersebut juga sejalan dengan visi dan komitmen Akulaku dalam mewujudkan inklusi keuangan.

"Melalui kerjasama ini, ruang lingkup kolaborasi pendanaan dan sinergi Akulaku Finance sebagai perusahaan pembiayaan berbasis digital dengan berbagai institusi keuangan menjadi semakin luas. Tidak hanya terbatas dengan bank umum tapi juga termasuk dengan merangkul BPR," ujar Efrinal melalui keterangan tertulis, Senin (22/2).

Dia mengemukakan, mitra perbankan bisa tetap menjaga kualitas penyaluran kredit dengan bersinergi bersama perusahaan pembiayaan berbasis digital. Kesepakatan itu juga menunjukkan peningkatan kepercayaan dari industri perbankan kepada Akulaku Finance Indonesia setelah meraih sejumlah kesepakatan kerjasama pembiayaan pada tahun 2020 dengan sejumlah bank, antara lain dengan Bank Jago, Bank OCBC NISP, Bank JTrust, dan lainnya.

“Kepercayaan dari sektor perbankan ini akan terus kami jaga dengan terus mempertahankan kualitas penyaluran pembiayaan melalui implementasi manajemen mitigasi risiko yang baik," tutup Efrinal.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN