Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo (kanan) dan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi (kiri) di Jakarta, Senin (16/6/2019). (ist)

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo (kanan) dan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi (kiri) di Jakarta, Senin (16/6/2019). (ist)

SMF dan Grab Beri Pengemudi GrabCar Akses KPR

Prisma Ardianto, Senin, 16 September 2019 | 20:37 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bersama PT Grab Indonesia memberikan akses kredit pemilikan rumah (KPR) bagi para mitra pengemudi GrabCar. Hal tersebut merupakan langkah awal perseroan merambah masyarakat berpenghasilan tidak tetap (non fix income).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, melalui program KPR SMF-Grab, para mitra GrabCar dapat mengakses kebutuhan tempat tinggal yang murah dan layak. Program tersebut menawarkan produk KPR yang memiliki suku bunga tetap sepanjang tenor, sehingga nilai kewajiban angsuran debitur stabil selama waktu pembiayaan.

"Kita semua tahu, selama ini mewujudkan kepemilikan rumah bagi mereka yang tidak memiliki slip gaji atau non fixed income adalah tantangan tersendiri," kata dia ditemui di Grab Excellence Center, Cilandak, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Ananta menambahkan, selain menggandeng Grab Indonesia, pihaknya juga mengajak dua perusahaan multifinance sebagai lembaga pembiyaan yakni PT Usaha Pembiayaan Relliance Indonesia dan PT Batavia Prosperindo Finance. Hal tersebut diharapkan dapat membuka potensi baru bagi kedua perseroan sebagai penyalur KPR.

Direktur Batavia Prosperindo Finance Jasin Hermawan menyampaikan, penyaluran pembiayaan kepada mitra pengemudi GrabCar merupakan suatu yang berbeda yakni penyaluran kepada suatu komunitas. Artinya, persetujuan yang dilakukan lebih mudah dibandingkan KPR pada umumnya. Dengan fasilitas dari SMF, pihaknya bisa memberikan bunga yang lebih kompetitif dibandingkan KPR reguler perseroan.

"Bunga untuk progam ini adalah 12,5% dan fix selama 15 tahun maksimum. Kendala KPR salah satunya adalah besarnya down payment khususnya non fix income. Untuk program ini down payment-nya minimum 1%," ungkap Jasin. Selain itu, pihaknya juga memberikan penawaran penawaran seperti asuransi kecelakaan untuk 37 pendaftar pertama sebesar Rp 25 juta dengan premi gratis.

Pada kesempatan itu, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, mekanisme pembayaran bagi program KPR SMF-Grab yakni melalui potongan harian. Hal tersebut menjadi salah satu edukasi bagi para mitra untuk lebih disiplin. Pihaknya menilai, potongan harian lebih ringan jika dibandingkan dengan mingguan atau bahkan bulanan.

"Syaratnya tidak terlalu banyak, yang pasti mereka telah bermitra dengan kami lebih dari dua tahun. Dan penghasilannya konsisten diatas Rp 7,5 juta per bulan," jelas Neneng.

lebih lanjut, dia mengungkapkan, salah satu program bertajuk Grab Mitra Sejahtera sejalan dengan komitmen untuk tidak hanya menyediakan sumber penghasilan yang berkelanjutan. Namun, ini juga kesempatan bagi mitra GrabCar untuk memiliki rumah impian. "Oleh karena itu, Grab menyambut baik kerja sama dengan SMF, di mana perusahaan tersebut telah memiliki rekam jejak yang sangat baik pada bidangnya," ujar Neneng.

Sebelumnya, Grab Indonesia juga menjalin kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk menyalurkan rumah subsidi kepada mitra GrabBike dengan penghasilan Rp 4,5 juta. Neneng menyebut, kemitraan dengan BTN masih berlangsung dan terbilang lancar.

Sementara itu, Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo mengatakan, nantinya komitmen akan terjalin antara manajemen Grab Indonesia dan mitranya dalam mengangsur cicilan. Sehingga pembiayaan akan lebih aman dan bisa menekan rasio non performing financing (NPF).

Selain itu, sambung Topo, komitmen Grab Indonesia terhadap kesejahteraan mitranya mendorong SMF untuk turut serta memfasilitasi kebutuhan yang ada. Kemudian bagi SMF sendiri, kehadiran Grab Indonesia membantu memeberi akses untuk merambah masyarakat dengan pendapatan tidak tetap.

"Ini juga menjadi piloting kami untuk menyasar segmen pendapatan tidak tetap atau non fix income. Karena selama ini kami lihat memiliki potensi namun untuk merambah aksesnya lumayan sulit," papar dia.

 

Membantu Mitra GrabCar

Pada kesempatan itu, salah satu mitra pengemudi GrabCar Royke Maikel Roring memaparkan, program KPR SMF-Grab sangat membantu dirinya dan keluarga dalam mendapatkan akses tempat tinggal. Dia berharap, program tersebut menjadi acuan bagi para mitra GrabCar untuk bekerja lebih giat.

"Hal ini akan memudahkan kami untuk mendapatkan KPR sehingga hidup kami dan keluarga akan menjadi lebih baik. Saya harap, program ini bisa memberikan harapan dan semangat baru dari teman-teman mitra pengemudi untuk bisa bekerja lebih giat lagi dan bisa memiliki rumah idaman," ucap Royke.

Neneng menjelaskan, Grab Indonesia percaya bahwa mitra pengemudi merupakan hal terpenting dalam mendukung pertumbuhan operasional perusahaan yang pesat. Melalui pemberian fasilitas cicilan rumah yang terjangkau, pihaknya ingin memberi dampak positif yag berkelanjutan.

Saat ini, aplikasi Grab sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 155 juta, memberikan pengguna Grab kemudahan untuk terhubung dengan 9 juta mitra pengemudi dan agen. Grab menyediakan layanan transportasi on-demand di Asia Tenggara, serta layanan pengantaran makanan dan barang di lebih dari 338 kota di 8 negara.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA