Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Gedung SMF. Foto: dok. SMF

Gedung SMF. Foto: dok. SMF

BERNIAT TERBITKAN SURAT UTANG RP 9,35 TRILIUN

SMF Raih Laba Kotor Rp 500 Miliar

Jumat, 8 Januari 2021 | 10:01 WIB
Nida Sahara ( nida.sahara@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF sepanjang tahun 2020 berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp 500 miliar. Perolehan laba kotor tersebut ditopang oleh pendapatan SMF yang tercatat senilai Rp 2,15 triliun.

Laba sebelum pajak tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan laba bersih SMF kuartal III sebesar Rp 368,8 miliar. Sementara itu, pendapatan kuartal IV juga meningkat dari kuartal sebelumnya Rp 1,7 triliun. Untuk ekuitas SMF per kuartal IV sebesar Rp 11,45 triliun naik dari kuartal sebelumnya Rp 11,3 triliun.

“Ekuitas meningkat sejalan dengan peningkatan laba, ekuitas Rp 11,45 triliun dan laba sebelum pajak dan sebelum CKPN sebesar Rp 500 miliar,” ungkap Direktur SMF Trisnadi Yulrisman secara virtual, Kamis (7/1/2021).

Hingga akhir Desember 2020, Trisnadi mencatat total aset perseroan sebesar Rp 31,97 triliun, atau menurun dibandingkan dengan dengan aset kuartal III senilai Rp 32,6 triliun. Penurunan aset terjadi karena terkait kewajiban yang harus dilakukan SMF.

Dia juga mencatat liabilitas SMF hingga akhir tahun lalu sebesar Rp 20,06 triliun, serta dana syirkah temporer sebesar Rp 456 miliar.

Direktur PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF
Direktur PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF

“Kondisi pandemi ini memukul seluruh dunia, tidak terkecuali SMF. Kami melakukan kegiatan pembiayaan sekunder yang tidak berhubungan langsung dengan nasabah, jadi risiko lebih ke institusi atau korporasi yang menyalurkan pinjaman,” ungkap dia.

Meski demikian, perseroan telah melakukan mitigasi risiko sebelum pandemi dan ketika pandemic Covid-19 baik dengan penggantian jaminan atau jaminan pinjaman 120% dan dipertahankan minimal 100%.

Kinerja keuangan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF
Kinerja keuangan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga performa SMF ke depannya. Tercermin dari rasio kredit macet (non performing loan/NPL) SMF masih terjaga di level 0%.

SMF lakukan mitigasi risiko dalam aktivitas penyaluran pinjaman, baik berupa klausul collateral recourse dan over collateralization. Ini untuk performance terjaga ke depan,” imbuh Trisnadi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN