Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aplikasi PNM Investment Sijago

Aplikasi PNM Investment Sijago

Aplikasi PNM Sijago Raih ISO 27001, Keamanan Transaksi Reksa Dana Online Terjamin

Sabtu, 16 Juli 2022 | 12:23 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id -  Pelaku industri keuangan, termasuk manajer investasi, didorong untuk meningkatkan sistem keamanan informasi. Hal ini sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi bisnis keuangan baik global maupun lokal.

"Di era teknologi digital, kami melihat keamanan informasi sangat penting dan menjadi kebutuhan bagi industri keuangan, khususnya investasi reksa dana online," kata Direktur Utama PNM Investment Management Bambang Siswaji di Jakarta, Jumat (15/7).

Advertisement

Baca juga: PNM Targetkan Bentuk 100 Kampung Madani di Seluruh Indonesia

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan perlindungan transaksi dan data nasabah investasi reksa dana, sehingga, kepercayaan masyarakat investor semakin meningkat terhadap industri reksa dana nasional.

Hal hal tersebut, menurut dia, membuat PNM Investment Management (PNM-IM) berusaha untuk menjaga keamanan teknologi informasi dalam bisnis reksa dana online melalui aplikasi PNM Sijago. Ini ditandai dengan diperolehnya sertifikasi sistem keamanan informasi standar internasional sejak tahun lalu.

Pada Juni 2022, perseroan kembali meraih sertifikasi ISO 27001. Sertifikasi ini menjadikan bisnis reksa dana online perseroan telah menerapkan dan memenuhi standar manajemen kemanan informasi yang ketat dan aman.

Kepala Divisi Compliance Risk Management PNM-IM Akhmad Suhandi mengatakan, ISO 27001 merupakan standar sertifikasi internasional bagi perusahaan ataupun organisasi dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau Information Security Management Systems (ISMS). Sertifikasi ISO 27001 ini juga menjadi standardisasi best practise manajemen keamanan informasi di perusahaan maupun organisasi besar di level global.

Perusahaan bersertifikasi ISO 27001 berarti telah melakukan langkah-langkah untuk mencegah pelanggaran data dan melindungi perusahaan dari berbagai ancaman penyalahgunaan data. Sehingga, bisa diantisipasi risiko kebocoran data perusahaan yang semakin meningkat di tengah berkembangnya bisnis di era informasi digital.

Saat ini, PNM-IM mengembangkan bisnis reksa dana ritel melalui aplikasi PNM Sijago. Dengan adanya aplikasi ini, transaksi reksa dana bisa dilakukan secara online dalam satu genggaman. Investasi reksa dana pun bisa semakin mudah dan aman bagi investor ritel. Langkah ini juga sejalan dengan tren kenaikan jumlah investor ritel, khususnya generasi milenial di pasar modal Indonesia.

Baca juga: PNM Bidik 12 Juta Nasabah pada 2022

"Kami melihat generasi milenial saat ini sangat akrab dan tidak bisa lepas dari handphone. Makanya, pengembangan bisnis reksa dana juga akan mengikuti tren ini. Namun upaya ini perlu terus diimbangi dengan manajemen risiko yang memadai dan tata kelola yang baik” lanjutnya.

Komitmen Kuat

Sementara itu, Direktur PNM-IM Ade Djajanegara menjelaskan bahwa ISO 27011 ini menjadi bukti komitmen yang kuat bagi Perseroan dalam mewujudkan Core Value BUMN yakni AKHLAK. Pasalnya, PNM-IM sebagai anak usaha PT Permodalan Nasional Madani (PNM) adalah perusahaan afiliasi BUMN.

"Implementasi Manajemen Sistem Keamanan Informasi ini merupakan wujud prinsip nilai Adaptif. Perseroan terus berupaya melakukan inovasi untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman," tuturnya.

Selain itu, lanjut Ade, diraihnya kembali sertifikasi ISO 27001 ini juga menjadi tolok ukur dan bentuk kepatuhan Perseroan terhadap praktik tata kelola perusahaan yang baik dan regulasi. Sehingga, hal ini akan semakin meningkatkan kredibilitas dan reputasi Perseroan dalam mengelola bisnisnya di industri reksa dana.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN