Menu
Sign in
@ Contact
Search
IST

IST

Reksa Dana Jadi Pilihan Investasi di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Dunia

Sabtu, 5 November 2022 | 12:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Ketidakpastian kondisi ekonomi dunia pada 2023 mendatangkan tantangan tersendiri dalam investasi reksa dana, kendati ekonomi Indonesia diyakini masih cukup sehat dan aman dari ancaman resesi global. Resesi dunia yang ditandai dengan penurunan aktivitas ekonomi secara signifikan yang akan berlangsung selama beberapa bulan bukan tidak mungkin mengakibatkan perlambatan ekonomi nasional.

Daya beli masyarakat yang akan menurun karena kenaikan harga mengakibatkan efek domino yang bersifat negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Apalagi, tak seorang pun mampu memprediksi dengan pasti seberapa lama resesi dunia akan berlangsung karena sifat siklus bisnis itu sendiri yang tidak bisa diprediksi secara keseluruhan.

Baca juga: Jumlah Investor Reksa Dana Mendekati 10 Juta

Indonesia optimis dengan pertumbuhan ekonomi pada 2023 mendatang. Optimisme ini tercatat dari sejumlah indikator ekonomi yang menjadi patokan dalam Kerangka Ekonomi Makro Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) APBN 2023, seperti pertumbuhan ekonomi yang dipatok di kisaran 5,3-5,9%, inflasi di angka 2-4%, tingkat pengangguran terbuka di angka 5,3-6%, tingkat kemiskinan di angka 7,5-8,5% hingga rasio kini di angka 0,375- 0,378.

Baca juga: Ciptakan Investor Berkualitas, MNC Sekuritas Gelar Pekan Reksa Dana

“Seiring dengan optimisme ini, investor wajib bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan dan investasinya. Reksa dana adalah salah satu pilihan investasi yang bisa disesuaikan dengan profil risiko nasabah dan kondisi ekonomi,” tegas Brand Manager IPOTFund PT Indo Premier Sekuritas Octaviantika Benazir Kumala di Jakarta, belum lama ini.

Untuk itu, lanjut Octaviantika, Indo Premier kembali menghadirkan FestiFund 2022 untuk memberikan edukasi terkait perencanaan keuangan dan investasi. Festival ini sekaligus menjadi wujud nyata dari tanggung jawab PT Indo Premier Sekuritas sebagai sekuritas swasta karya anak bangsa dalam membangun perekonomian Indonesia. Dengan mengusung tema ‘Let Your Money Make Money’, FestiFund 2022 akan digelar secara online dan offline pada Sabtu, 3 dan 10 Desember 2022.

Baca juga: Tumbuh 100%, Pembelian Reksa Dana melalui NAVI Mirae Asset Sekuritas Tembus Rp 1 Triliun

Menurutnya, festival akan mengulas secara mendalam mulai dari pengelolaan keuangan yang sehat hingga strategi investasi produk reksa dana sebagai alternatif investasi yang mudah, aman, efisien, affordable dan cocok untuk semua profil risiko. Octaviantika menambahkan, FestiFund 2022 adalah festival reksa dana terbesar di Indonesia.

“Pada tahun ini festival ini akan mengedukasi sedikitnya 3.000 peserta di Fun(d) Series secara online pada 3 Desember 2022 dan sebanyak 250 investor di Super Fun(d) Series secara offline pada 10 Desember 2022,” tutupnya. 

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com