Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja melintasi layar pergerakan saham di gedung BEI, Jakarta, belum lama ini.  Foto: Investor Daily/David Gita Roza

Pekerja melintasi layar pergerakan saham di gedung BEI, Jakarta, belum lama ini. Foto: Investor Daily/David Gita Roza

BEI Segera Luncurkan IDX Value 30 dan IDX Growth 30

Muhammad Ghafur Fadillah, Selasa, 6 Agustus 2019 | 18:55 WIB

JAKARTA, Investor.id – Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan dua indeks baru dalam waktu dekat, yaitu IDX Value 30 dan IDX Growth 30. Penambahan dua indeks tersebut diharapkan mempermudah para manajer investasi untuk membuat produk investasi berbasis indeks, seperti ETF dan reksa dana indeks.

Head of Unit Product Development I BEI Kautsar Primadi Nurahmadi mengatakan, dua indeks baru tersebut diluncurkan untuk memenuhi permintaan pasar. “Kedua indeks ini bisa menjadi ukuran produk dan dalam jangka panjang diharapkan meningkatkan likuiditas pasar,” ujarnya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (6/8).

IDX Value 30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki valuasi harga yang rendah dengan likuditas serta kinerja keuangan yang baik. Sedangkan IDX Growth 30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga 30 saham yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dari pendapatan relatif terhadaap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Selanjutnya saham-saham yang masuk dalam indeks IDX Value 30 dan IDX Growth 30 dipillih dari saham-saham yang masuk dalam indeks IDX 80. Nantinya metode penghitungan IDX Value 30 dan IDX Growth 30 ini akan menggunakan metode Capped Free Float Adjusted Market Capitalization Weighting dengan batasan bobot saham paling tinggi sebesar 15% yang disesuaikan pada saat evaluasi. Indeks IDX Value 30 dan IDX Growth 30 telah dihtung sejak hari dasarnya pada 30 Januari 2014 dengan nilai dasar 100.

Berikut anggota konstituen yang masuk dalam jajaran IDX Value 30 yakni BBNI, UNTR, INDF, ADRO, PGAS, INKP, PTBA, BBTN, WSKT, WIKA, ITMG BJBR, PTPP, PNBN, PNLF, BMTR, BDMN, WSBP, ASRI, SRIL, TINS, ERAA, ADHI, INDY, ESSA, BNGA, WTON, ELSA, MAIN, HRUM.

Lalu, emiten yang akan menjadi pengisi IDXgrowth 30, yaitu TLKM, BBCA, BBRI, BBNI, INTP, SMGR, CPIN, TPIA, ICBP, GGRM, BRPT, INKP, TOWR, TBIG, TKIM, ACES, LPKR, JPFA, MYOR, PNBN, PNLF, RALS, SMSM, SSIA BDMN, BKSL, BNLI, ERAA, WOOD, HOKI.

 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN