Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Karyawan melintas di depan layar pergerakan indeks harga saham di BEI, Jakarta. Foto ilustrasi: UTHAN A RACHIM

Karyawan melintas di depan layar pergerakan indeks harga saham di BEI, Jakarta. Foto ilustrasi: UTHAN A RACHIM

BNP Paribas AM Lansir Indeks BNP Paribas IDX Growth30

Jumat, 4 Juni 2021 | 22:26 WIB
Ghafur Fadillah

Jakarta - PT BNP Paribas Asset Management (AM) luncurkan produk reksadana Indeks BNP Paribas IDX Growth30. Produk ini merupakan yang pertama mereplikasikan penuh isi konstituen Indeks IDX Growth 30.

Presiden Direktur PT BNP Paribas AM Priyo Santoso menjelaskan, produk ini diluncurkan sebagai tanggapan atas kian populernya reksa dana indeks di kalangan nasabah ritel maupun institusi. Maka dari itu, produk ini bertujuan untuk memberikan akses serta mengakomodasi kebutuhan nasabah untuk berinvestasi ke dalam portofolio saham-saham dengan pertumbuhan laba bersih yang baik di Indonesia, melalui metode yang paling transparan dan efisien.

“Dengan demikian, BNP Paribas IDX Growth30 merupakan solusi bagi investor yang menginginkan diversifikasi, namun tetap mengutamakan pentingnya aspek fundamental perusahaan,”jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6).

Untuk diketahui, Indeks IDX Growth30 adalah indeks yang diluncurkan oleh Bursa Efek Indonesia, yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik. 

Selama tujuh tahun terakhir, indeks ini menunjukkan kinerja relatif lebih baik di kondisi bull market. Indeks tersebut telah mencatatkan price return sebesar 37.89% sejak diluncurkan, melebihi indeks lainnya yang ada di pasar seperti IHSG (35.31%), LQ45 (26.04%), dan IDX30 (32.16%). 

Kinerja yang kuat ini didorong oleh pertumbuhan konstituen indeks yang didominasi oleh sektor-sektor yang paling berkinerja bahkan selama pandemi, antara lain sektor keuangan, infrastruktur, bahan baku, konsumen non-primer dan kesehatan. BNP Paribas IDX Growth30 bertujuan untuk mereplikasi penuh konstituen pada indeks IDX Growth30. 

“Kami melihat reksa dana indeks sebagai cara yang tepat bagi investor yang ingin mulai berinvestasi di pasar modal, karena kemudahan dan transparansinya untuk dimonitor oleh investor. Investor bisa dengan mudah memantau pergerakan reksa dana, indeks, serta konstituennya kapan saja, melalui media yang tersedia untuk publik,” ujarnya.

Sebagai informasi, BNP Paribas IDX Growth 30 yang merupakan hasil kerja sama antara PT BNP Paribas AM dengan Bank DBS Indonesia ini mempertegas strategi kedua belah pihak dalam mendukung investor, khususnya bagi investor pemula, untuk memulai investasi serta mencapai potensi hasil investasi jangka panjang.

Priyo menambahkan, menyambut baik kemitraan dengan Bank DBS ini karena memiliki strategi yang selaras untuk meningkatkan edukasi investor di Indonesia tentang investasi. Dengan jaringan distribusi produk reksa dana Bank DBS yang begitu luas, perseroan percaya dapat menjalankan kesamaan misi dengan baik untuk menyediakan akses kepada investor ritel dan profesional dengan solusi investasi inovatif di pasar yang terus berkembang.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan, peluncuran BNP Paribas IDX Growth30 ini sejalan dengan misi Bank DBS Indonesia untuk selalu menyediakan ragam pilihan produk investasi yang dapat membantu nasabah dalam mengembangkan portofolionya. 

“Sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan dan dampak positif, Bank DBS Indonesia selalu menyambut baik kemitraan strategis serupa guna menyediakan rangkaian produk inovatif yang relevan sebagai bukti komitmen kami agar nasabah dapat live more, bank less,” kata dia.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN