Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
BHARAT S. JOSHI, DIREKTUR INVESTASI (ASIAN EQUITIES) ABERDEEN STANDARD INVESTMENTS INDONESIA

BHARAT S. JOSHI, DIREKTUR INVESTASI (ASIAN EQUITIES) ABERDEEN STANDARD INVESTMENTS INDONESIA

BHARAT S. JOSHI, DIREKTUR INVESTASI (ASIAN EQUITIES) ABERDEEN STANDARD INVESTMENTS INDON

Investasi, Tips, dan Filosofi

Jauhari Mahardhika, Jumat, 25 Oktober 2019 | 11:19 WIB

JAKARTA, investor.id - Aberdeen Standard Investments adalah perusahaan manajer investasi global yang telah berinvestasi di pasar Indonesia selama lebih dari 30 tahun, sejak tahun 1987. Dengan kantor di lebih dari 40 lokasi di seluruh dunia, total dana kelolaan (Asset Under Management/ AUM) perusahaan ini per 31 Desember 2018 telah mencapai GBP 505,1 miliar.

PT Aberdeen Standard Investments Indonesia sendiri (sebelumnya dikenal sebagai PT Aberdeen Asset Management) terbentuk pada 2014 dari hasil akuisisi PT NISP Asset Management oleh Aberdeen Standard Investments (Asia) Limited (sebelumnya dikenal sebagai Aberdeen Asset Management Asia Limited).

Dengan keahlian dalam pengelolaan investasi keuangan berkelas dunia dan beragam manajemen portfolio di seluruh jenis pasar dan kelas aset, perusahaan manajer investasi asal Inggris ini berpegang pada komitmen untuk senantiasa menyediakan inovasi dan solusi terdepan yang tepat dalam berinvestasi, serta mendukung mitra bisnis dalam mencapai tujuan investasi, menikmati nilai manfaat terbaik, serta stabilitas keuangan jangka panjang.

"Responsible Investing. Invest Today. Change Tomorrow” merupakan salah satu moto yang dipegang oleh Aberdeen Standard Investments. Menjunjung visi untuk membuat perbedaan – tidak hanya bagi mitra bisnis, tapi juga masyarakat serta dunia – perusahaan ini selalu memastikan pertimbangan kerangka kerja Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) sepenuhnya tertanam dalam cara pendekatan investasi mereka.

Baru-baru ini, Investor Daily berkesempatan untuk bincang-bincang singkat dengan Bharat S. Joshi, Direktur Investasi (Asian Equities) Aberdeen Standard Investments Indonesia. Berbekal pengalaman lebih dari 12 tahun berkecimpung di industri investasi dan keuangan, Bharat mengungkapkan sejumlah hal menarik, mulai dari portofolio investasi yang menjanjikan, pengaruh situasi ekonomi, hingga tips dan filosofi dalam berinvestasi. Berikut ini petikan lengkapnya:

Bagaimana Anda melihat ekonomi Indonesia?

Faktor-faktor eksternal seperti perlambatan pertumbuhan global dan perang dagang masih menjadi tantangan bagi negara ini. Langkah-langkah moneter bank sentral dan fiskal pemerintah diharapkan mampu memberikan dorongan bagi ekonomi domestik. Volatilitas nilai rupiah (dalam jangka pendek ke depan) juga cenderung masih belum stabil, mengingat ketergantungan negara terhadap aliran dana asing dan investasi portofolio untuk membiayai transaksi berjalan (current account). Tingginya rasio kredit terhadap pendanaan (Loan to Deposit Ratio/LDR) yang mencapai 94%, membuat kemampuan bank dalam negeri untuk memberikan kredit baru menjadi semakin terbatas, sedangkan kepemilikan asing pada obligasi negara telah mencapai 39%.

Bagaimana dengan pasar modal Indonesia, terutama pasar saham?

Kondisi pasar cenderung rentan dengan ketidakstabilan rupiah. Selain itu, perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok yang masih berlangsung juga membuat investor gelisah. Seperti ada ungkapan yang mengatakan “When elephants fight, it is the grass that suffers”. Meskipun demikian, saya masih cukup yakin pada akhirnya akan ada resolusi yang akan menstabilkan ekonomi global dan sentimen investor.

Lalu, bagaimana prospek industri reksa dana?

Total dana kelolaan industri reksa dana per Desember 2018 tercatat sebesar US$ 35 miliar, dengan tingkat pertumbuhan tahunan mencapai 10-11%. Kondisi ini kemungkinan akan terus berlanjut. Seiring dengan era digitalisasi dan analitik canggih, industri reksa dana kini tengah berada dalam fase metamorfosis. Perubahannya memang belum terlalu terlihat, namun nantinya saat proses telah sepenuhnya terjadi dan menjadi mainstream, ini tentunya akan berdampak positif pada tingkat aksesibilitas bagi masyarakat luas.

Aberdeen Standard Investments selaku praktisi juga menantikan momen tersebut. Menurut kami, industri ini akan terlihat sangat berbeda 5 tahun dari sekarang; sebagian atas dampak dari inovasi digital dan sebagian lagi karena perubahan struktural di pasar. Ada juga pergerakan peningkatan fokus terhadap proses investasi dan reksa dana jenis ESG (Environmental, Social and Governance) – konsep yang mempertimbangkan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola dalam kerangka kerja; salah satu sikap yang telah diterapkan oleh Aberdeen Standard Investments sejak lama. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan standar investasi di Indonesia.

Jika memilih antara jenis investasi saham atau obligasi, saya pribadi lebih menyukai saham ekuitas. Seandainya saya memiliki obligasi pemerintah bertenor 20 tahun dan saham ekuitas selama 20 tahun, menurut saya, saham ekuitas akan memberikan imbal hasil yang jauh lebih baik. Saya mengakui bahwa untuk saat ini (kurun waktu jangka pendek; dalam bulan atau tahun depan), saham lebih berisiko daripada obligasi jangka pendek. Namun, seiring meluasnya cakrawala investor untuk jenis investasi jangka panjang, saham Indonesia dengan diversifikasi portofolio akan memiliki tingkat risiko yang lebih rendah lebih dibandingkan obligasi; dengan asumsi saham dibeli pada harga yang menarik.

Apa saran Anda untuk regulator terkait industri reksa dana?

Mengingat perkembangan yang terus terjadi dalam industri reksa dana, regulasi juga perlu berevolusi. Penerapan kebijakan perbankan untuk reksa dana terbuka perlu berubah seiring dengan industri yang terus berinovasi, baik dalam segi produk maupun distribusi. Merupakan awal yang positif pihak regulator telah sepaham akan pentingnya industri ini dapat bergerak cepat dan kompetitif guna terus tumbuh dan menjadi semakin kuat.

Kendati demikian, pendistribusian lintas batas (Cross Border) untuk dana investasi saat ini masih belum mulus, khususnya, penggunaan Asia Region Funds Passport (ARFP) – inisiatif yang memfasilitasi dana kelolaan dapat ditawarkan secara bebas di setiap ekonomi lainnya di kawasan Asia – masih rendah. Untuk jangka pendek, pengaturan investasi bilateral tampak lebih menjanjikan.

Apa kontribusi manajer investasi terhadap industri reksa dana?

Industri reksa dana telah berkembang di seluruh ritel dan institusi berkat tabungan rumah tangga yang tinggi serta reformasi peraturan yang mendorong institusi dana pensiun dan perusahaan asuransi untuk melibatkan manajer aset. Selain itu, efek digitalisasi juga membentuk kembali pasar Indonesia dengan sangat cepat berbanding dengan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Belakangan ini, investor asing terus melakukan net sell di pasar saham, sebenarnya apa yang terjadi?

Pada masa-masa yang baik, pasar modal global siap menyediakan dana ke Indonesia; menutupi defisit transaksi berjalannya (Current Account Deficits/CAD). Ini disebut-sebut sebagai demonstrasi kepercayaan orang asing terhadap negara ini. Namun perlu diingat, kepercayaan diri itu fana. Investor cukup sering berubah pikiran.

Disisi lain, prospek negara ini bertahan cukup stabil, dengan pertumbuhan PDB stabil, inflasi yang rendah, serta utang pemerintah dan defisit anggaran fiskal yang masih terkelola. Permasalahan bukan pada perekonomian domestik, melainkan pasang surutnya modal global; yang sangat mudah berubah.

Lalu, apa visi dan misi Aberdeen Standard Investments Indonesia?

Kami sangat bersemangat dengan prospek pertumbuhan di negara ini. Kami melihat tingkat kesadaran dan penerimaan akan reksa dana terus meningkat setiap hari. Misi kami adalah untuk mengedukasi dan memenuhi kebutuhan produk yang terus tumbuh serta senantiasa menyediakan inovasi dan solusi terdepan yang tepat dalam berinvestasi.

Kami mendampingi dan mendukung mitra bisnis kami dalam mencapai tujuan investasi, menikmati nilai manfaat terbaik serta imbal hasil dan stabilitas keuangan jangka panjang. Kami percaya bahwa kami melangkah dengan permulaan yang baik di awal siklus ini.

Produk reksa dana apa yang menjadi fokus Aberdeen Standard Investments di Indonesia tahun ini?

Kami melihat bahwa ESG (Environmental, Social and Governance) adalah tema yang sedang berkembang di negara ini dan Aberdeen Standard Investments selalu menyertakan kerangka kerja ESG sebagai bagian dari pendekatan serta keputusan investasi kami. Kami merasa inilah yang membuat kami unik dan memungkinkan kami menonjol pada tahun-tahun mendatang.

Bagaimana pandangan Aberdeen Standard Investments terhadap generasi milenial di Indonesia?

Milenial adalah generasi yang tumbuh dari basis investor tidak hanya di Indonesia. Dua miliar generasi yang kuat ini sangat mengerti teknologi dan akan hadir untuk menentukan nasib industri di seluruh dunia. Manajer aset, seperti kami sendiri, masih menyusun strategi yang dapat menangkap preferensi milenial, baik itu dalam produk seperti ESG ataupun kemudahan aksesibilitas.

Di Aberdeen Standard Investments, kami menyadari perlunya memenuhi kebutuhan investasi dari investor baru ini dan berencana untuk berada di garis depan untuk mengembangkan produk dan proses yang akan memuaskan mereka.

Bisa berikan tips-tips investasi di reksa dana?

Satu pertanyaan kunci yang perlu kita tanyakan pada diri sendiri sebelum berinvestasi adalah, mengapa kita berinvestasi? Jika jawabannya adalah “untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang”, maka kita harus melanjutkannya. Penting juga untuk diingat bahwa volatilitas pasar akan ada dan kita harus memiliki kemampuan untuk menahan guncangan tersebut. Jika Anda mencentang kotak itu, maka Anda harus melanjutkan dan berinvestasi dalam skema ekuitas yang cocok dengan profil risiko Anda.

Apa kiat-kiat Anda untuk mencapai kesuksesan (baik dalam meniti karier, mengelola perusahaan, maupun menjalani kehidupan pribadi)?

Saya menganggap diri saya cukup beruntung. Ketika saya tumbuh dewasa, saya ingin menjadi pilot atau DJ radio, yang saya pikir akan sangat saya nikmati. Hasrat saya untuk terbang berasal dari kecintaan saya berpergian, menjelajahi dunia dan mengenal orang-orang serta budaya setempat. Namun, saya tumbuh di masa ketika untuk menjadi pilot Anda harus menjadi manusia super – super sehat, sangat cerdas, dan memiliki penglihatan yang sempurna! Mimpi tersebut menjadi tidak mungkin bagi kebanyakan dari kita.

Manajemen investasi tidak pernah menjadi bagian dari rencana awal karier saya, tetapi kemudian saya menyadari bidang karir ini ternyata memberikan kenikmatan yang serupa dengan gairah awal saya. Saya berkesempatan banyak menghabiskan waktu untuk berpergian ke seluruh Indonesia dan negara bagian lain di kawasan Asia Tenggara, mengunjungi perusahaan serta bertemu klien. Saya juga muncul di radio dan TV untuk diwawancara, yang mana ini mengimbangi ambisi saya menjadi DJ radio!

Meski terdengar klise, melakukan apa yang Anda sukai dan mengelilingi diri Anda dengan mentor serta rekan sebaya, pada akhirnya akan memungkinkan Anda untuk memiliki karier yang menyenangkan dan memuaskan.

Apa filosofi dalam berinvestasi yang cocok untuk investor di Indonesia?

Nasihat investasi yang benar-benar saya yakini adalah untuk mengabaikan kebisingan pasar ketika berinvestasi. Pasar dalam jangka pendek adalah seperti mesin pemungutan suara, tetapi dalam jangka panjang, ia adalah mesin penimbang. Dalam jangka panjang, perusahaan yang menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham akan melihat harga sahamnya terapresiasi.

Kalau dalam kehidupan, apa filosofi dan nilai-nilai yang menjadi pedoman?

Filosofi kunci dalam hidup adalah memiliki pola pikir yang terus tumbuh, hasrat untuk belajar, hasrat untuk mempertanyakan norma-norma, serta rasa ingin tahu yang memungkinkan seseorang melangkah keluar dari zona nyaman.

Sedangkan untuk nilai-nilai yang saya junjung tinggi, saya berpegang pada integritas. Sayangnya, hal-hal ini sudah jarang kita temukan di lingkungan bisnis yang kita jalani saat ini. Banyak yang sepertinya mencari jalan pintas untuk mencapai kesuksesan bisnis. Saya merasa dengan memiliki integritas, dengan melakukan hal yang benar dalam setiap keputusan yang kita buat, memungkinkan kita untuk benar-benar bahagia.

Apakah ada obsesi Anda yang sudah dan belum tercapai saat ini?

Salah satu tujuan masa depan saya adalah untuk mendapatkan lisensi PPL (Private Pilot License). Ketika saya terbang (meskipun baru sebagai penumpang), semua kekhawatiran dan stres saya seperti tertinggal di darat. Saya senang hasrat akan mimpi saya ini masih tetap kuat bahkan setelah bertahun-tahun.

Bagaimana Anda menyeimbangkan hidup (dalam bekerja, berkeluarga, dan bermasyarakat)?

Saya tidak pernah benar-benar mengerti mengapa begitu banyak orang memisahkan antara bekerja dan bermain. Pada akhirnya, ini semua tentang hidup. Tempat kerja saat ini sangat berbeda sangat berbeda dengan dulu. Perusahaan seperti Aberdeen Standard Investments, menganut paham kerja cepat namun fleksibel. Perusahaan bahkan memberikan keleluasaan ‘flexi place’ – boleh bekerja tanpa harus hadir di kantor pada waktu-waktu tertentu. Ditambah dengan adaptasi teknologi yang berkembang, kita bisa bersenang-senang baik di tempat kerja maupun di rumah; menghadirkan dan menikmati yang terbaik dari keduanya. 

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA