Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Setelah menghebohkan publik yang menyebabkan operasional PT Jouska Financial Indonesia ditutup oleh Satgas Waspada Investasi OJK, Jouska pamt dari akun media sosial./Istagram.com

Setelah menghebohkan publik yang menyebabkan operasional PT Jouska Financial Indonesia ditutup oleh Satgas Waspada Investasi OJK, Jouska pamt dari akun media sosial./Istagram.com

Jouska Pamit dari Akun Medsos

Minggu, 26 Juli 2020 | 07:11 WIB
Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Investor.id – Hingga Minggu (26/7/2020), warga net masih ramai membicarakan PT Jouska Financial Indonesia yang menyalahgunakan izin operasi sebagai Online Single Submission (OSS). Jouska akhirnya berpamitan kepada warga net dan menutup semua akun media sosialnya.

Kasus Jouska menghebohkan publik setelah Satgas Waspada Investasi (SWI) menerima aduan dari nasabah yang telah dirugikan. Akhirnya. SWI menghentikan kegiatan PT Jouska Finansial Indonesia yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penasehat Investasi dan/atau Agen Perantara Perdagangan Efek tanpa izin.

Sorry and will see you later,” demikian tulisan di akun resmi Jouska_id di laman instagramnya. Status ini menuai beragam reaksi dari warganet, terutama dari pengikutnya yang saat ini sudah mencapai 753.000.

"Bro, untuk kedua pihak semoga permasalahan segera bertemu jalan keluarnya. Semangat," kata aku @arioadimas.

Dalam keterangan tertulisnya, SWI telah meminta PT Jouska Finansial Indonesia (Jouska ID) menutup kegiatan operasinya. Keputusan itu diambil setalah SWI melakukan pertemuan via virtual dengan CEO dan Founder Jouska ID Aakar Abyasa.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing tersebut ditemukan fakta mengenai legalitas dan model bisnis Jouska, yaitu:

1. PT Jouska Finansial Indonesia mendapatkan izin di Online Single Submission (OSS) untuk kegiatan jasa pendidikan lainnya.

2. Dalam operasinya PT Jouska melakukan kegiatan seperti Penasehat Investasi sebagaimana dimaksud dalam UU Pasar Modal, yaitu pihak yang memberi nasihat kepada pihak lain mengenai penjualan atau pembelian efek dengan memperoleh imbalan jasa.

3. Bahwa PT Jouska melakukan kerjasama dengan PT Mahesa Strategis Indonesia dan PT Amarta Investa Indonesia dalam pengelolaan dana nasabah seperti kegiatan Manajer Investasi.

Dari temuan rapat tersebut Satgas Waspada Investasi mengeluarkan keputusan rapat:

a. Menghentikan kegiatan PT Jouska Finansial Indonesia yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penasehat Investasi dan/atau Agen Perantara Perdagangan Efek tanpa izin.

b. Menghentikan kegiatan PT Mahesa Strategis Indonesia dan PT Amarta Investa Indonesia yang diduga melakukan kegiatan Penasehat Investasi, Manajer Investasi atau Perusahaan Sekuritas tanpa izin.

c. Melakukan pemblokiran situs, web, aplikasi dan medsos ketiga perusahaan tersebut melalui Kemenkominfo.

d. Meminta PT Jouska bertanggungjawab menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi dengan nasabah secara terbuka dan mengundang nasabah untuk diskusi menyelesaikan masalah tersebut. Masyarakat yang merasa dirugikan diminta agar menghubungi PT Jouska.

e. PT Jouska diminta segera mengurus perizinan sesuai kegiatan usahanya.

Tongam menjelaskan, bahwa Saudara Aakar Abyasa menerima keputusan rapat Satgas Waspada Investasi tersebut.

"Kita saat ini sedang membangun pasar modal yang kredibel dan terpercaya. Masyarakat yang ingin melakukan investasi di pasar modal agar selalu meneliti izin kegiatan perusahaan baik sebagai penasehat investasi, manajer investasi atau perusahaan sekuritas," katanya.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN