Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi. Foto: Nattanan Kanchanaprat (Pixabay)

Ilustrasi investasi. Foto: Nattanan Kanchanaprat (Pixabay)

Kinerja ETF Danareksa Outperform

Jauhari Mahardhika, Senin, 29 Juli 2019 | 10:00 WIB

JAKARTA, investor.id – PT Danareksa (Persero) melalui anak usahanya, PT Danareksa Investment Management (DIM), konsisten memberikan solusi bagi kebutuhan investasi masyarakat. Salah satunya melalui produk Exchange Traded Fund (ETF) yang dimiliki oleh DIM.

Direktur Utama DIM Marsangap P Tamba mengatakan, pasar ETF di Indonesia berkembang cukup pesat, karena ETF memiliki beberapa keunggulan. Pertama, sebagai reksa dana, hal itu adalah diversifikasi portofolio, sehingga investasi investor akan secara otomatis disebar ke dalam beberapa saham untuk optimalisasi hasil investasi dan meminimalisasi risiko.

Kedua, fleksibilitas waktu transaksi, dimana dapat memanfaatkan momentum (market timing) untuk melakukan jual atau beli selama jam perdagangan bursa, sehingga mendapatkan harga terbaik. “Ketiga, transparansi portofolio, dimana investor dapat mengetahui seluruh saham-saham yang terdapat dalam portofolio ETF beserta dengan komposisinya,” kata Marsangap, Minggu (28/7).

Produk ETF yang dimiliki DIM adalah Danareksa ETF Indonesia Top 40. Sesuai dengan namanya, portofolio ETF ini berinvestasi pada 40 saham unggulan yang memiliki fundamental keuangan yang solid, kapitalisasi pasar yang besar, dan tingkat likuiditas yang tinggi.

Dikutip dari Infovesta selama setahun terakhir, Danareksa ETF Indonesia Top 40 berhasil mencetak kinerja 13,48% per 18 juli 2019. Angka ini mengalahkan pertumbuhan indeks LQ45 yang sebesar 10,63% dan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang hanya sebesar 8,7%, serta indeks Reksa Dana Saham Infovesta yang minus 1,08% pada periode yang sama.

“Kinerja yang outperform dari Danareksa ETF Indonesia Top 40 ini merupakan bukti nyata atas konsistensi dan disiplin kami dalam menerapkan strategi investasi yang mengombinasikan pendekatan fundamental dan semi kuantitatif dalam memilih saham di produk ini. Kami percaya Danareksa ETF Indonesia Top 40 dapat menjadi solusi investasi bagi investor yang memiliki tujuan investasi untuk meraih hasil optimal dalam jangka panjang,” tutur Marsangap.

Dalam pengelolaan produk ini, DIM didukung oleh mitra yang sudah berpengalaman dalam pengelolaan ETF, yakni PT Indo Premier Sekuritas sebagai dealer partisipan dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai bank kustodian.

“Di industri, saat ini terdapat 28 produk ETF. Dengan potensi pasar ETF yang masih cukup besar, ke depannya tidak menutup kemungkinan DIM akan kembali meluncurkan produk ETF. Hal ini kami lakukan sebagai bagian dari komitmen DIM dalam berkontribusi bagi perkembangan pasar modal Indonesia,” ujar Marsangap.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN