Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Co-founder dan  CEO  Bareksa, Karaniya Dharmasaputra.

Co-founder dan CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra.

Melesat 590%, Nasabah Bareksa Tembus 1,1 Juta

Senin, 17 Agustus 2020 | 15:39 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Jumlah akun investor (Single Investor Identity/SID) yang terdaftar di platform Bareksa tembus 1,1 juta per akhir Juli 2020, melesat 590% dibanding akhir April 2018, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan investor seluruh industri reksa dana yang mencapai 490%.

“Sejak mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bareksa terus mencatatkan pertumbuhan jumlah investor yang signifikan. Bahkan, di tengah pademi Covid-19, jumlah investor Bareksa melonjak 57%," kata Co-founder dan Chief Executive Officer (CEO) Bareksa, Karaniya Dharmasaputra di Jakarta, Senin (17/8).

Karaniya mengungkapkan, kecuali membukukan pertumbuhan jumlah investor sebesar 590% menjadi 1,1 juta, Bareksa mencatatkan lonjakan dana investasi masyarakat hampir delapan kali lipat menjadi Rp 8 triliun sejak  April 2018 hingga Juli 2020. Sedangkan dana kelolaan (asset under management/AUM) Bareksa melejit empat kali lipat. “Padahal, AUM keseluruhan industri reksa dana pada periode yang sama merosot 1%,” tutur dia.

Desain Baru

Karaniya menjelaskan, pada peringatan HUT Ke-75 RI, Bareksa merilis logo, fitur, dan desain UI/UX baru di aplikasi Android maupun iOS. Melalui desain baru tersebut, nasabah Bareksa bisa berinvestasi reksa dana, surat berharga negara (SBN), emas, dan tabungan reksa dana syariah untuk umrah dengan lebih leluasa.

Selain itu, kata dia, Bareksa mengumumkan uji beta (beta testing) BATARA (BAreksa TActical Robo Advisor) bagi 1.000 nasabah yang mendaftar pertama. “Acara virtual ini sengaja kami adakan persis pada peringata HUT Ke-75 RI dengan tagar #MerdekaFinansial; karena kami bangga telah menjadi bagian dari transformasi dunia keuangan nasional," papar dia.

Karaniya Dharmasaputra menambahkan, Bareksa merupakan satu dari tiga perusahaan fintech pertama yang diberi mandat oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjadi mitra distribusi SBN ritel secara online sejak 2018.

Sementara itu, Direktur Surat Utang Negara (SUN) Kemenkeu, Deni Ridwan mengatakan, atas kontribusinya mendemokratisasi pasar SBN, Bareksa telah mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu sebagai Mitra Distribusi SBN Syariah Terbaik 2019 Kategori Non-bank.

Hasil evaluasi Kemenkeu pada 2019, menurut Deni Ridwan, juga memperlihatkan Bareksa berada di posisi nomor satu dari sisi jangkauan karena telah menjangkau investor SBN hingga 34 provinsi di Indonesia dan masuk jajaran top-4 mitra distribusi ritel terbaik bersama tiga bank papan atas.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Bareksa sebagai mitra distribusi SBN ritel, sehingga tujuan kami memperluas basis investor ritel domestik dan mencapai terwujudnya keuangan inklusif dapat terealisasi,” ujar dia.

 

Editor : Abdul Aziz (abdul_aziz@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN