Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Manulife Aset Manajemen. Foto: akucintakeuangansyariah.com

Manulife Aset Manajemen. Foto: akucintakeuangansyariah.com

Memanfaatkan Reksa Dana Pasar Uang Syariah sebagai Tabungan Kurban

Parina Theodora, Jumat, 9 Agustus 2019 | 16:52 WIB

Jakarta - Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Bagi umat yang mampu, berkurban sangat dianjurkan. Namun, bagi yang belum mampu berkurban di Idul Adha tahun ini, Anda bisa merencanakannya di tahun depan.

Caranya, untuk jangka waktu satu depan, Anda harus mulai membuat pos keuangan khusus tabungan kurban dari sekarang. Ketika sudah memiliki niat untuk membeli hewan kurban di tahun depan, maka jadikan ini sebagai tujuan keuangan jangka pendek Anda.

Berapa jumlah yang harus Anda tabung setiap bulannya? Justitia Tripurwasani, Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) membagikan tipsnya berikut ini.

Anggap saja, harga hewan kurban akan naik sebesar 15% tahun depan menjadi sekitarr Rp 2,2 juta per ekor kambing dan sekitar Rp 15,6 juta per ekor sapi. Jadi, dalam 12 bulan ke depan Anda harus menabung mulai dari Rp 183 ribu per bulan untuk membeli seekor kambing dan mulai dari Rp 1,3 juta per bulan untuk membeli seekor sapi.

Untuk mencapai tujuan investasi jangka pendek yaitu membeli hewan kurban di tahun depan, reksa dana pasar uang syariah merupakan instrumen yang tepat. Selain likuid alias dapat dicairkan kapan saja, reksa dana ini bisa dicairkan tanpa dikenakan penalti atau denda. Reksa dana pasar uang syariah juga tidak dipotong pajak karena bukan objek pajak.

Potensi imbal hasil reksa dana pasar uang syariah pun lebih kompetitif dibandingkan tabungan dan deposito, yaitu sekitar 5,8% per tahun dan halal. Selain itu, dengan disimpan di reksa dana pasar uang syariah, Anda tidak mudah tergiur untuk menggunakan dana kurban untuk keperluan lainnya. Sebab, dana ini tersimpan dalam rekening tersendiri, yang tidak bisa Anda tarik dari mesin ATM atau gesek dari mesin debit bank.

Jika mencicil setiap bulan mengganggu keuangan keluarga, masih ada acara lain. Ketika menerima bonus tahunan, Anda bisa langsung sisihkan sebagian untuk membeli hewan kurban. Namun, jika masih belum mencukupi, manfaatkan sebagian THR dan mencicil setiap bulan.

 

 

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN