Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi keuangan. Foto: TheDigitalWay (Pixabay)

Ilustrasi keuangan. Foto: TheDigitalWay (Pixabay)

Review Kekayaan Akhir Tahun

Sabtu, 2 Januari 2021 | 18:01 WIB
Parina Theodora

Jakarta- Di awal tahun, menjadi saat yang tepat untuk membuat resolusi hidup, termasuk juga rencana keuangan berikut review kondisi keuangan yang terjadi di masa sebelumnya. Dan selama 2020, pandemi Covid-19 menjadi faktor yang tidak diperhitungan dalam semua resolusi yang sudah dicanangkan semula.

Berkaca dari pengalaman tahun ini, bagaimana strategi yang tepat dalam pengelolaan keuangan di 2021? Begini saran Freddy Tedja, Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).

1. Lihat Arus Kas

Pandemi datang begitu mendadak dan memberi dampak yang bermacam-macam. Namun satu hal yang sama, aalah semua baru pertama kali mengalaminya. Belajar dari pengalaman itu, arus kas dan pos-pos pengeluaran harus menjadi perhatian. Perlu ada penghematan, ada perubahan komposisi.

Seperti anggaran transportasi boleh jadi menurun drastis, juga anggaran gaya hidup, seperti berlibur, bersantai di kafe, maupun membeli tas dan sepatu bermerek. Namun di sisi lain, ada peningkatan signifikan pada anggaran rumah tangga (listrik dan internet), juga anggaran kesehatan (pembelian vitamin, masker, hand sanitizer).

Perubahan pola ini membuat arus kas di 2020 menjadi jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penyesuaian yang perlu dilakukan. Identifikasikan pendapatan dan pengeluaran.

2. Disiplin

Ada dua faktor yang bisa mempengaruhi tercapainya resolusi keuangan seseorang, yaitu faktor internal dan eksternal. Pandemi merupakan faktor eksternal, sementara resolusi keuangan yang memenuhi kaidah STR (Spesifik, Terukur, Realistis) adalah faktor internal yang sepenuhnya dalam kendali setiap orang.

Memasuki tahun 2021, saat pandemi masih menjadi faktor eksternal yang tidak dapat dipastikan kondisinya, setidaknya Anda harus lebih disiplin dalam faktor internal resolusi keuangan yang dapat Anda kendalikan sendiri.

3. Fokus Menambah Dana Darurat

Dengan asumsi faktor eksternal yaitu pandemi belum menunjukkan tanda-tanda akan segera usai, yang perlu dipastikan di tahun 2021 adalah kecukupan dana darurat. Selalu sisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk mengisi pos dana darurat lebih besar dari biasanya.

Dalam kondisi seperti saat ini, idealnya siapkan 6-12 kali dari pengeluaran bulanan. Tentu saja dengan harapan dana darurat ini tidak akan pernah sampai perlu digunakan. Jika sampai itu terjadi, maka akumulasi dana darurat tersebut dapat dialihkan ke pos investasi.

4. Tempatkan Pada Investasi yang Tepat

Ada beragam investasi yang bisa dipilih untuk menempatkan dana Anda di tahun 2021. Reksa dana pasar uang masih menjadi pilihan yang baik karena sifatnya yang likuid, memiliki tingkat risiko yang rendah, dan potensi imbal hasil yang menarik. Begitupun dengan reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham dapat dijadikan pertimbangan selama 2021.

Secara umum tren penurunan suku bunga akan meningkatkan daya tarik bagi investor mencari yield lebih. Kedatangan vaksin menjadi sentimen positif bahwa kondisi akan lebih baik di 2021.

Namun perlu diingat, bukan berarti pandemi sudah usai. Evaluasi atas portofolio tiap tiga bulan perlu dilakukan dalam kondisi seperti ini. Begitupunn dengan mengubah strategi keuangan, jika ada penyimpangan. Tetaplah kedepankan disiplin dan komitmen untuk menjamin masa depan keuangan Anda.

Editor : Parina Theodora (theo_olla@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN