Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi reksa dana pasar uang

Ilustrasi reksa dana pasar uang

Shinhan Asset Mangement Bidik AUM Rp 3,5 Triliun

Senin, 15 Februari 2021 | 17:26 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARA, Investor.id - PT Shinhan Asset Management Indonesia menargetkan peningkatan dana kelolaan (asset under management/AUM) reksa dana menjadi Rp 3,5 triliun tahun ini. Target tersebut menunjukkan kenaikan pesat dari realisasi tahun 2020 sebanyak Rp 2,1 triliun.

Direktur Utama Shinhan Asset Management Tjiong Toni mengatakan, realisasi dana kelolaan sebesar Rp 2,1 triliun tahun lalu sebenarnya berada di bawah target perseroan. Awalnya, dana kelolaan tahun lalu dibidik hingga Rp 3 triliun.

Tidak tercapainya target NAB dipengaruhi adanya pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. "Penyebab lainnya karena kami terminate 1 fund dari nasabah institusi karena kebijakan internal," jelas dia kepada Investor Daily, di Jakarta, Senin (15/2).

Padahal, nilai dana kelolaan dari nasabah institusi tersebut sekitar Rp 1,2 triliun. Dengan nilai tersebut, perseroan seharusnya bisa mencapai target dana kelolaan sebesar Rp 3 triliun pada tahun lalu.

Kendati demikian, perseroan kembali menargetkan dana kelolaan di atas Rp 3 triliun tahun ini. Untuk mencapai target tersebut, perseroan akan meningkatkan pemasaran melalui perbankan. "Kami akan memfokuskan pemasaran melalui Shinhan Bank, Hana Bank, dan bank asal Korea Selatan," terang dia.

Perseroan juga akan mengembangkan pemasaran digital. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kampanye melalui media sosial dan website milik perusahaan. Sedangkan produk reksa dana saham akan menjadi andalan perseroan sepanjang tahun ini. Peningkatan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) diharapkan membuat return reksa dana saham Shinhan Asset bisa tumbuh menjadi 20%.

Shinhan Asset juga akan gencar memasarkan produk reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana pasar uang tahun ini. Menurut Toni, return kedua produk reksa dana tersebut bisa mencapai masing-masing 6-6,5% dan 5-6% tahun ini. Perseroan juga bakal meluncurkan produk baru tahun ini. Produk itu adalah reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) dengan target dana kelolaan sebesar Rp 300-500 miliar.

"Produk akan diluncurkan sekitar pertengahan tahun. Kami optimistis bisa mencapai target Rp 300-500 miliar dari produk itu karena proyek yang menjadi underlying cukup jelas," ujar dia.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN