Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi kesepakatan bisnis. Foto: Adam Radosavljevic (Pixabay)

Ilustrasi kesepakatan bisnis. Foto: Adam Radosavljevic (Pixabay)

Tingkatkan Investasi, Ashmore Gandeng Anak Usaha Bukalapak

Selasa, 8 Desember 2020 | 23:57 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  — PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk (AMOR) menjalin kemitraan strategi dengan anak perusahaan PT Bukalapak.com, yakni Buka Investasi Bersama (BIB). Ashmore akan berinvestasi sebesar Rp 50 miliar untuk 20% saham di BIB.

Berdasarkan siaran pers perseroan, Selasa (8/12), kemitraan strategis tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan perseroan dalam digital melalui investasi BIB.

Ashmore menilai, era baru dari digitalisasi untuk industri asset manajemen tidak dapat dihindari. Selain itu, pandemi yang sedang berlangsung telah menyorot adanya peluang untuk meningkatkan aksesibilitas nasabah secara langsung melalui jalur digital.

Presiden Direktur Ashmore Asset Management Indonesia, Ronaldus Gandahusada mengatakan, BIB memiliki misi yang sama dengan perseroan untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan menyediakan akses kepada populasi Indonesia pada produk investasi.

“Kami melihat ada potensi yang cukup besar di Bukareksa, gerai Reksadana Bukalapak, dalam menargetkan populasi yang secara tradisional belum menerima pelayanan keuangan dan yang mencari kemudahan investasi menggunakan teknologi,” ujar dia.

Presiden Bukalapak dan Presiden Direktur Buka Investasi Bersama, Teddy Oetomo mengatakan, kemitraan dengan Ashmore dapat memperkuat dan mempercepat upaya Bukalapak untuk meraih misi, yakni meningkatkan aksesibilitas bagi semua orang terhadap produk dan layanan investasi terutama underserved segment.

Kemitraan strategis tersebut termasuk kesepakatan distribusi yang memberikan akses pada pelanggan BukaReksa pada berbagai produk Reksadana Ashmore. Investasi Ashmore dan kolaborasi tersebut akan mendukung pengembangan visi Bukalapak pada inklusi keuangan, untuk melayani lebih banyak pelanggan terutama melalui produk investasi.

Sebagai informasi, dalam kolaborasi tersebut, Ashmore akan mendapat akses terhadap pengguna Bukalapak yang diperkirakan masih mengalami pertumbuhan, dengan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Ashmore Asset Management Indonesia sepanjang periode Juni-September 2020 meraih peningkatan dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) sebesar Rp 25,2 triliun. Jumlah ini tumbuh 11% dibandingkan raihan AUM pada Juni 2020  sebesar Rp 22,78 triliun.

Menurut Ronaldus, peningkatan dana kelolaan tersebut adalah hasil dari meningkatnya jumlah produk yang ditawarkan oleh perseroan. Didukung oleh penguatan pasar terutama di kelas aset saham yang kemudian diimbangi dengan volatilitas yang meningkat di bulan September 2020.

“Sepanjang kuartal III-2020, perseroan telah menerima arus masuk dana kelolaan mencapai Rp 2,5 triliun yang didominasi oleh reksadana pendapatan tetap,” jelas dia dalam keterangan resmi.

Adapun dari sisi finansial, perseroan meraih pendapatan usaha sebesar Rp 60,46 miliar atau turun 24.68% dari periode yang sama pada tahun 2019 lalu yang berjumlah Rp 80,27 miliar.

Namun perseroan berhasil menekan beban usaha sebanyak 19.59% menjadi Rp 40,77 miliar. Sedangkan laba usaha ikut mengalami penurunan yaitu Rp 19,68 miliar, padahal di periode sebelumnya Ashmore mampu meraup Rp 29,57 miliar.

Kemudian pada segmen pendapatan dan beban, perseroan mencatatkan pendapatan keuangan bersih sebanyak Rp 4,95 miliar, melonjak 99.41%. Kendati demikian setelah dikurangi sejumlah pajak laba bersih yang dikantongi aset manajemen asal Inggris ini menurun 11,81% yakni Rp 20,32 miliar.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN