Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Platform Fundtastic. Foto: IST

Platform Fundtastic. Foto: IST

Total AUM FUNDtastic Tumbuh 10-20% Setiap Bulan

Minggu, 4 Oktober 2020 | 09:47 WIB
Nabil Alfaruq (nabil.alfaruq@beritasatumedia.com)

JAKARTA, Investor.id - Platform investasi FUNDtastic mencatat peningkatana total dana kelolaan (asset under management/AUM) berkisar 10-20% per bulan. Hal ini didukung peningkatan jumlah investor di tengah pandemi Covid-19.

Co-Founder dan Chief Investment Officer FUNDtastic Franky Chandra mengatakan, pertumbuhan AUM perseroan lebih tinggi, dibandingkan rata-rata pertumbuhan dana kelolaan reksa dana nasional berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkisar 2-4% setiap bulan sejak Juni hingga Agustus 2020.

Dari total kenaikan reksa dana, Franky menyatakan, banyak investor yang menempatkan dana investasi di reksa dana pasar uang, yaitu mencapai 70% dari total dana AUM di FUNDtastic. “Sementara porsi investasi di reksa dana saham dan reksa dana pendapata tetap, masing-masing mencapai 20% dan 10% dari total AUM,” ujar Franky dalam keterangan resmi di Jakarta baru-baru ini.

Mayoritas investor FUNDtastic berasal dari generasi milenial. Menurut dia, pertumbuhan investasi tersebut juga didukung atas peningkatan kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan dana darurat. Hal ini terlihat dari produk reksa dana pasar uang yang menjadi produk paling diminati di platform FUNDtastic.

“FUNDtastic cukup senang dapat menjadi bagian dalam membentuk kebiasaan positif tersebut, itu merupakan salah satu literasi keuangan yang berdampak baik untuk masyarakat,” ujar dia.

Franky menambahkan, reksa dana pasar uang akan terus menjadi pilihan utama para investor milenial untuk berinvestasi di tengah pandemi Covid-19, terutama dengan peningkatan kesadaran persiapan dana darurat yang semakin tinggi.

Sebagai informasi, sebelum mencetak pertumbuhan AUM 10-20% setiap bulan, total dana AUM FUNDtastic sempat terkoreksi pada Maret hingga Mei 2020. Hal ini disebabkan oleh kebijakan PSBB yang dilakukan oleh pemerintah ketika pandemi Covid-19 muncul.

Selain mengalami pertumbuhan reksa dana, pengguna FUNDtastic juga meningkat pesat, naik sekitar 56% dari 16 ribu pengguna di Maret 2020, menjadi 25 ribu pengguna per akhir September 2020. Jumlah ini tersebut belum termasuk pengguna Invisee yang mencapai 87 ribu. Jumlah ini rencananya digabungkan ke dalam platform FUNDtastic pada Oktober.

Sebelumnya, FUNDtastic telah mengakusisi platform investasi Invisee. Aksi korporasi ini dilakukan untuk memperluas jangkauan investasi masyarakat di Indonesia, baik itu menyediakan varian produk reksa dana maupun bekerja sama dengan mitra digital dan institusi keuangan lainnya

Dengan mengakuisisi Invisee, FUNDtastic telah memiliki izin tambahan sebagai agen penjual reksa dana dan izin mitra distribusi surat utang negara. Aksi akuisisi ini merupakan langkah awal Fundtastic untuk fokus menjadi one stop solution wealth platform.

Sebagai informasi, sejak beroperasi di akhir 2019, FUNDtastic telah mengumpulkan total dana kelolaan sebesar Rp 106 miliar. Perseroan bekerja sama dengan 12 manajemen investasi terbesar untuk mendistribusi produk-produk reksa dana yang aman bagi investor. Di samping itu, FUNDtastic juga menyediakan produk investasi emas yang bekerja sama dengan IndoGold.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN