Menu
Sign in
@ Contact
Search

Perjanjian Ekstradisi dapat Tingkatkan Kerja Sama Internasional

Kamis, 22 Jan 2015 | 08:46 WIB
ah (redaksi@investor.id)

JAKARTA- Perjanjian ekstradisi antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Vietnam dan Papua Nugini merupakan wujud dari komitmen Indonesia sebagai bagian dari masyarakat Internasional guna meningkatkan efektifitas kerja sama internasional.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum kementerian Hukum dan HAM (Dirjen AHU Kemenkum HAM), Harkristuti Harkrisnowo, pada rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Harkristuti, perjanjian ekstradisi ini dimaksudkan guna menanggulangi dan memberantas kejahatan lintas batas negara, dengan menghadirkan tersangka atau terpidana yang pada saat bersamaan juga dapat menguatkan upaya pengembalian aset hasil kejahatan.

Persetujuan Perjanjian Ekstradisi RI-Papua Nugini maupun RI-Vietnam, menurut dia, akan menjadi landasan hukum kerja sama di bidang ekstradisi yang efektif, sehingga permintaan ekstradisi dari Pemerintah Indonesia yang telah dikirimkan sebelumnya dapat ditindaklanjuti Pemerintah Papua Nugini maupun Pemerintah Vietnam.

"Dengan diratifikasinya perjanjiajn ekstradisi ini, maka upaya pemulangan terpidana Joko Tjandra dan Samadikun Hartono dari kedua negara, ke wilayah hukum Republik Indonesia menjadi sangat penting dalam upaya penegakan hukum di Indonesia," katanya.

Selain itu, kata Harkristuti, pemulangan kedua terpidana tersebut ke Indonesia juga akan memberikan kemudahan bagi aparat penegak hukum di Indonesia untuk dapat merampas harta kekayaannya dari hasil kejahatan, baik berada di dalam maupun luar negeri.

Dengan berlakunya perjanjian ekstradisi terhadap kedua negara ini, kata Harkristuti, maka aparat penegak hukum di Indonesia dapat juga melakukan pelacakan, pembekuan, perampasan, dan pengembalian aset dimaksud ke Indonesia.

"Hal itu sejalan dengan semangat dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia," katanya.(*/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com