Menu
Sign in
@ Contact
Search

Polri Masih Kekurangan Anggaran Penyidikan

Kamis, 12 Mar 2015 | 17:24 WIB
ah (redaksi@investor.id)

JAKARTA- Polri yang mendapatkan anggaran Rp58,1 triliun, masih kekurangan biaya untuk penyidikan ratusan ribu kasus yang dilaporkan setiap tahun, kata Kepala Biro Kelembagaan Tala Srena Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

"Hanya 36 persen dari keseluruhan kasus yang dibiayai oleh anggaran pemerintah untuk melakukan penyidikan," kata Gatot di Jakarta, Kamis.

Gatot menjelaskan laporan yang masuk ke kepolisian di seluruh Indonesia pada tahun 2014 mencapai sekitar 156 ribu kasus.

Ia juga mengungkapkan anggaran untuk tiap penyidikan kriminal bukan korupsi menurutnya masih rendah.

"Untuk kasus kriminal saja ya, bukan korupsi, kasus ringan itu Rp4 juta, kasus sedang Rp9 juta, kasus besar Rp14 juta," jelas Gatot.

Ia mengatakan angka tersebut masih kurang untuk biaya penyidikan. "Kasus paling ringan saja Rp4 juta, ini kurang. Contoh kasus pencurian, kalau pelakunya kabur ke Surabaya, ongkos tiket pesawat saja sudah berapa untuk ngejar ke sana," kata dia.

Gatot mengungkapkan keseluruhan anggaran Polri lebih banyak digunakan untuk membayar gaji pegawai.

"Anggaran untuk Polri memang Rp58,1 triliun, tapi 62 persen nya digunakan membayar gaji pegawai yang hampir 440 ribu, terdiri 423 ribu anggota Polri dan sisanya PNS Polri," kata Gatot.

Ia menjelaskan sebanyak 11 persen anggaran digunakan untuk belanja modal pembangunan, dan 27 persen lainnya digunakan belanja barang.

Mengenai wacana reposisi Polri berada di bawah Kementerian Dalam Negeri, Gatot berpendapat lebih memilih untuk mencari akar permasalahan di tubuh Polri guna memperbaiki Korps Bhayangkara.

"Bukan mereposisi polisi di bawah kementerian, tapi mencari akar masalah," ujar Gatot.(*/hrb)




Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com