Menu
Sign in
@ Contact
Search

Mendagri Optimis Pilkada Serentak Sesuai Jadwal

Selasa, 7 Juli 2015 | 06:43 WIB
ah (redaksi@investor.id)

JAKARTA-Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan optimis pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 berjalan sesuai jadwal dan berlangsung lancar.

"Pada prinsipnya pemerintah cukup otimis pelaksanaan Pilkada serentak bisa komitmen sebagaimana kesepakatam awal," kata Mendagri Tjahjo di Ruang Pansus C, Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan ada komitmen bersama antara pemerintah dan DPR melalui Komisi II DPR untuk melakukan beberapa revisi UU terkait pelaksanaan Pilkada.

Menurut dia, implikasi revisi itu adalah pemerintah dan DPR mengginginkan agar Pilkada serentak bisa berjalan lebih efisien dan efektif.

"Sejak awal keinginan pemerintah bisa selesai pada pelantikan sampai akhir tahun, dan paling lambat Februari (2016)," ujarnya.

Tjahjo mengatakan Kemendagri telah mengumpulkan kepala daerah dan sekretaris daerah untuk melakukan koordinasi teknis. Menurut dia Kemendagri telah membuat Peraturan Menteri, agar mereka tidak tersangkut masalah hukum terkait hibah.

"Kami telah menyampaikan DAK2 dan DP5, ada 19 kabupaten yang sedang dalam proses penandatanganan NPHD terkait Bawaslu dan Panwas," ujarnya.

Dia juga mengatakan telah membuat surat ke Kementerian Keuangan dan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti agar ada koordinasi ulang terkait anggaran pengamanan Pilkada.

Dia mengatakan pihak kepolisian sudah mendeteksi sejumlah titik rawan di 269 daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2015 nanti, sehingga dari faktor kesiapan keamaan dengan adanya penjelasan deteksi dini hingga antisipasi yang akan dilakukan nantinya.

"Kapolri juga sudah merinci potensi konflik yang kemungkinan akan muncul, dan soal bencana alam," katanya.

Menurut dia, terkait bencana alam sulit diramalkan karena,sehingga ada sejumlah daerah yang perlu diantisipasi.

Dia mengatakan antisipasi yang akan dilakukan jika terjadi disuatu daerah mengalami bencana alam, maka sangat mungkin dilakukan pengunduran tahapan pelaksanaan di daerah tersebut.

"Seandainya ada potensi bencana alam (di daerah), tidak masalah jika dilakukan (pilkada) undur sehari," katanya.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com