Menu
Sign in
@ Contact
Search

Ilham Habibie: ICMI Ciptakan Program Akar Rumput

Rabu, 25 Mei 2011 | 08:01 WIB
Antara (redaksi@investor.id)

MAKASSAR- Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Ilham Akbar Habibie mengajak kader organisasi pemikir itu untuk menciptakan program yang dirasakan langsung di tingkat akar rumput.

"ICMI harus menciptakan program yang dirasakan akar rumput dan pengurus juga harus membuat perbedaan di lingkungan," katanya saat Pembukaan Musyawarah Wilayah V ICMI Sulsel, di Makassar, Selasa (24/5).

Secara garis besar, ia menyebut tiga program ICMI yang menyentuh langsung rakyat yakni dimulai dari pemberdayaan ekonomi, pendidikan, sampai kesehatan.

Fokus utama ICMI dalam lima tahun mendatang, kata dia, adalah membangun Indonesia madani yang dinilai tidak muncul secara jelas dalam tataran negara Indonesia.

Putra mantan Presiden BJ Habibie ini juga menegaskan jika ICMI adalah organisasi non politis, serta bukan Perseroan Terbatas (PT) yang fokus mencari keuntungan.

"Kita non politik, kita juga non mazhab. Semua ada tempatnya dalam ICMI. Di ICMI banyak mazhab," ujarnya.

Ia mengatakan dalam masyarakat apapun selalu ada namanya pluralitas atau keberagamaan, tetapi bukan pluralisme yang mempersamakan agama.

Lebih jauh, Ilham mengemukakan jika ICMI bukanlah Perguruan Tinggi walaupun kajian keilmuannya cukup besar.

ICMI sendiri dalam melangkah selalu berdasar pada trilogi yakni kepemimpinan, organisasi dan program. Ilham menyebut simbol keberadaan sebuah lembaga dilihat dari programnya.

Sementara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat membuka acara mengatakan ICMI adalah sesuatu yang sangat penting dan harus melekat pada orang Sulsel, karena ICMI bagian dari jati diri bangsa.

"Yang membuat negara ini maju karena sains dan riset bergerak, serta memiliki jati diri. ICMI bagian dari jati diri bangsa," ucapnya.

Syahrul berharap dengan keberadaan ICMI mampu menjawab permasalahan bangsa yang terlalu santai dan keasyikan menjalani hidup yang tidak penting.

Ia mencontohkan, ketika orang asyik bermain dan takut kehilangan peluang dalam kisruh PSSI yang sudah berjalan tujuh bulan.

"Aneh karena banyak menikmati yang seperti ini," ucapnya.(ant/hrb)

Editor : herry barus (herrybarus@yahoo.com.au)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com