Menu
Sign in
@ Contact
Search

Solo Raih Penghargaan Adipura Kirana

Rabu, 20 Jul 2016 | 11:28 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

SOLO- Kota Solo berhasil meraih penghargaan bidang pengelolaan lingkungan hidup yaitu Adipura Kirana 2016 yang akan diserahkan saat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Nasional yang dipusatkan di Kabupaten Siak Provinsi Riau, Jumat (22/7).

"Ya tahun ini kami akhirnya mendapatkan Adipura Kirana untuk kategori kota besar. Sejak 2001, kami tidak pernah mendapatkan penghargaan tersebut," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo, Rabu.

Kota Solo mendapatkan kembali penghargaan itu setelah 15 tahun tidak mendapatkan penghargaan bidang lingkungan hidup itu.

Hadi Rudyatmo mengatakan diperolehnya kembali Adipura tersebut merupakan hadil kerja keras Pemkot bersama seluruh warga. Penghargaan itu diserahkan kepada kota/kabupaten yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi, berbasis pengelolaan lingkungan hidup.

Ia mengatakan ada empat indikator dalam penilaian Adipura untuk kategori kota besar. Yakni pengelolaan sampah, kebersihan dan keindahan, pencemaran udara serta pencemaran air.

FX Hadi Rudyatmo yang akrab dipanggil Rudy itu mengatakan Pemkot telah berupaya memperbaiki sejumlah indikator penilaian yang ditentukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Termasuk pengelolaan sampah dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Ia menyebutkan elum selesainya lelang pengelolaan TPA Putri Cempa masih menjadi salah satu tantangan Solo dalam meraih Adipura.

"Semestinya di sana sudah menggunakan metode sanitary landfill, tetapi sampai sekarang masih memakai sistem open dumping. Kala nantinya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di TPA bisa berjalan, maka bisa menyelesaikan persoalan pengelolaan sampah di Kota Solo," katanya.

Rudy mengatakan pembongkaran 53 Tempat Penampungan Sampah (TPS) konvensional di Solo mampu mendongkrak perolehan nilai yang diberikan tim Adipura.

Untuk mendapatkan Adipura tersebut, lanjut Wali Kota, Solo harus bersaing dengan kota besar lainnya seperti Semarang, Yogyakarta, Malang maupun Surabaya.

"Ya kami juga terus memaksimalkan pengelolaan lingkungan. Termasuk rencana pembangunan IPAL guna menampung limbah Puskesmas. Sejauh ini Puskesmas belum memiliki IPAL yang memadai," katanya. (gor/ant)

Advertisement

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com