Menu
Sign in
@ Contact
Search
KPU meluncurkan Gerakan KLIK Serentak. Foto: SP/Joanito De Saojoao

KPU meluncurkan Gerakan KLIK Serentak. Foto: SP/Joanito De Saojoao

15 Parpol Belum Daftar Peserta Pemilu 2024, KPU Ingatkan Batas Akhir

Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:21 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 42 partai politik tingkat nasional telah memiliki akun sistem informasi partai politik atau Sipol. Sipol ini merupakan alat bantu pendaftaran parpol peserta Pemilu Serentak 2024.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 15 partai politik yang belum memberikan konfirmasi kepada KPU terkait waktu pendaftaran. Sedangkan batas akhir pendaftaran hanya sampai Minggu, 14 Agustus 2022, Pukul 23.59 WIB.

Baca juga: Baru 12 Parpol Mendaftar, KPU Ingatkan Parpol Tidak Daftar di Injury Time

"Partai politik yang sudah diterima permohonan pembukaan akses Sipol per 8 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB sebagai berikut, 42 partai nasional dan delapan partai lokal Aceh," ujar anggota KPU, Idham Holik, di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Guna menjadi peserta Pemilu Serentak 2024, parpol harus mendaftarkan ke KPU. Dalam proses pendaftaran, parpol harus memasukkan dokumen pendaftaran seperi profil partai, kepengurusan partai baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan, kantor tetap parpol dan dokumen lainnya.

KPU akan memeriksa dokumen pendaftaran parpol yang mendaftar dengan hasil lengkap dan tidak lengkap. Jika dokumen pendaftaran lengkap, maka parpol tersebut statusnya terdaftar dan sehari setelahnya langsung dilakukan verifikasi administrasi. Sementara jika tidak lengkap, maka parpol harus melengkapi sampai dengan tanggal 14 Agustus 2022, Pukul 23.59 WIB.

Karena itu, ke-15 parpol yang sudah punya akun Sipol harus segera mendaftarkan diri agar bisa mengikuti tahapan berikutnya dalam proses manjadi peserta Pemilu Serentak 2024. Jika tidak mendaftar dengan dokumen lengkap, maka peluang parpol tersebut pupus untuk mengikuti Pemilu Serentak 2024.

Baca juga: Pendaftaran Parpol Gerindra-PKB di KPU, Dipimpin Langsung Prabowo dan Cak Imin

Berikut ini daftar 15 parpol yang belum konfirmasi pendaftaran ke KPU, yaitu Partai Pandu Bangsa, Partai Pergerakan Kebangkitan Desa, Partai Persatuan Indonesia, Partai Berkarya, Partai Partai Indonesia Bangkit Bersatu, Partai Kedaulatan, dan Partai Mahasiswa Indonesia.

Selain itu, ada partai Pelita, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Rakyat, Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Republik Satu, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Masyumi, dan Partai Kongres.


 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com