Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu kantor BMKG. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

Salah satu kantor BMKG. Foto: Investor Daily/Gora Kunjana

16 Wilayah Ini Berpotensi Cuaca Ekstrem

Selasa, 27 April 2021 | 07:27 WIB
Hendro D Situmorang

JAKARTA, investor.id  - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem dengan curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 16 wilayah di Tanah Air pada Selasa (27/4/2021).

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, serta guntur dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, NTB, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Sumatra Utara.

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai dari 20 derajat hingga 33 derajat celcius dengan kelembaban udara 55 hingga 100%. BMKG juga memberikan peringatan dini gelombang tinggi wilayah perairan Indonesia.

Terdapat pola sirkulasi di Laut Arafuru timur kepulauan Aru. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari selatan hingga barat dengan dengan kecepatan angin berkisar 5-15 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selatan Jawa dan Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa.

Waspada juga tinggi gelombang perairan 2,5 hingga 4 meter yang berpeluang terjadi di Perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano hingga barat Lampung, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Perairan Selatan Selat Sunda, Perairan selatan Jawa, dan Samudera Hindia selatan Jawa hingga Bali. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN