Menu
Sign in
@ Contact
Search

Persahabatan Romo Budi dan Habib Lutfi bin Ali bin Yahya

Selasa, 15 Agustus 2017 | 14:21 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

SEMARANG - Dalam acara Tausiyah Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Makodam IV Diponegoro di Tugu Muda Semarang, Senin (14/8), tampak jelas dan terdengar persahabatan antara Romo Aloys Budi Purnomo Pr dan Habib Lutfi bin Ali bin Yahya.


Siapa yang tidak mengenal Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang lahir di Kota Pekalongan, 10 November 1947? Hari kelahirannya saat ini bertepatan dengan Hari Pahlawan.


Adem dan Ayem

Romo Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang terlihat berpelukan dengan Habib Lutfi saat Habib Lutfi tiba di Wisma Perdamaian, Semarang. Tak hanya berpelukan begitu erat, Romo Budi juga tampak cipika cipiki dengan Habib Lutfi. Bahkan sesudahnya, Romo Budi mencium tangan Habib Lutfi.


"Ini kanca kuna. Sahabat lamaku!", kata Habib Lutfi saat berjabat tangan dan berpelukan dengan Romo Budi disaksikan Sukirman, Wakil Ketua DPRD Jateng.


Romo Budi sendiri merasa adem dan ayem setiap kali berjumpa Abah Lutfi dalam berbagai kesempatan, entah di rumah kediaman Habib Lutfi di Pekalongan, entah di Semarang. "Perjumpaan dengan Beliau adalah perjumpaan yang penuh barokah. Saya mengalami aura dan daya kekuatan Islam sebagai rahmatan lil alamin!" jelas Romo Budi yang sejak Juni 2017 lalu bertugas pula sebagai Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata itu.


"Tak mengherankan bila setiap kali melihat dan berjumpa Beliau, banyak Umat Islam seperti tersedot magnet aura Beliau. Banyak sekali yang berebut untuk bersalaman dengan Beliau atau sekadar menjamah Beliau saja, orang tampak sudah mengalami rasa adem dan ayem itu." ungkap Romo Budi.


Persahabatan Kerukunan

Persahabatan antara Romo Budi dan Habib Lutfi juga tampak ketika Romo Budi dan Habib Lutfi saling bergandengan tangan melangkah dari Wisma Perdamaian menuju panggung Tausiyah Kebangsaan. Ada Habib Jafar, Habib Lutfi dan Romo Budi, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di barisan paling depan.


Bahkan secara terbuka disampaikan oleh Habib Lutfi saat mengawali Tausiyah Kebangsaannya. Habib Lutfi mengatakan, "... terutama yang saya banggakan, sahabat kita lama, seneng musiknya sama, dan saksofonnya itu yang selalu mengalun luar biasa improvisasinya yang top luar biasa. Beliau itulah Romo Budi..." Pernyataan itu disambut dengan tepuk tangan para hadirin.


Tanpa basa-basi hal itu disampaikan di hadapan para hadirin-hadirot yang mulia dan puluhan ribu jamaah yang hadir dalam Tausiyah Kebangsaan di Tugu Muda Semarang. Mendengar hal itu, Romo Budi mengaku merasa sangat terharu.


Sesudah Tausiyah Kebangsaan usai, tampak kembali Habib Lutfi dan Romo Budi turun panggung dan berjalan menuju tempat untuk santap bersama, juga sambil bergandengan tangan. Bahkan ketika banyak yang ingin menjamah Habib Lutfi, pengawalan terhadap Beliau menyempit, tampak Romo Budi berjalan di depan dan Habib Lutfi memegang pundak Romo Budi. Sungguh indah dipandang, dirasakan dan diwartakan!


Ngejam Bareng

Dan ini adalah pemandangan yang amat langka. Sesudah menikmati santapan yang dipersiapkan istri tercinta Habib Lutfi, Hajjah Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, Habib Lutfi pun ngejam bareng Romo Budi.


Habib Lutfi memainkan keyboard. Romo Budi meniup saksofonnya. Sebuah pemandangan yang sungguh-sungguh langka namun nyata, menghadirkan persahabatan dua figur tokoh agama dan budaya interreligius tanpa basa-basi dengan segala keindahannya.


Suasana santap bersama dini hari sesudah Tausiyah Kebangsaan itu sungguh indah, rukun dan harmonis. Itulah sekilas gambaran nyata persahabatan antara Romo Budi dan Habib Lutfi. (gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com