Menu
Sign in
@ Contact
Search

Revitalisasi Kawasan Kota Tua Terhenti Sementara

Kamis, 18 Januari 2018 | 08:00 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menemukan adanya benda cagar budaya baru di Kali Besar, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat yang sedang dilakukan revitalisasi. Akibat penemuan tersebut, pekerjaan revitalisasi yang sedang dilakukan sempat terhenti cukup lama.

 

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pembangunan DKI Jakarta, Gamal Sinurat mengatakan, revitalisasi tersebut terhenti sementara karena masih menunggu rekomendasi dari Tim Sidang Pemugaran (TSP) dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB). Namun untuk pekerjaan lainnya, katanya, revitalisasi terus berjalan seperti landscaping area gedung, dan sebagainya.

 

Adapun untuk langkah-langkah yang ditempuh untuk cagar budaya yang ditemukan tersebut, sudah diamankan oleh TSP dan TACB untuk dipertahankan keberadaannya.

 

“Artinya, rencana desain yang lama untuk berikutnya harus dicek lagi, apakah bisa dilakukan (sesuai desain) dengan adanya benda cagar budaya,” kata Gamal di Balai Kota, Rabu (17/1).

 

Menurut Gamal, tim dari TSP dan TACB di bawah koordinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan melakukan penelitian di lapangan untuk mengetahui keberadaan benda-benda cagar budaya tersebut.

 

Mereka, katanya, akan melakukan serangkaian tes dan pengujian terhadap benda cagar budaya tersebut. Dari dasar itu, lanjut dia, akan dilakukan review terhadap perencanaan penataan Kota Tua, terutama kawasan Kali Besar itu.

 

“Sekaligus review terhadap rekomendasi teknis (rekomtek) dari dinas terkait, karena Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air sudah menerbitkan rekomtek tapi mereka belum mendapat info ada benda-benda cagar budaya di sana,” katanya.

 

Benda-benda cagar budaya tersebut ditemukan di bawah tanah sehingga tidak terlihat langsung. Adapun bentuknya berupa cerucuk-cerucuk semacam bekas konstruksi zaman dulu seperti konstruksi besi-besi jalanan yang lama dan atap-atap.

 

“Itu sudah masuk benda cagar budaya. Menurut TSP dan TACB tidak bisa begitu saja dibongkar,” katanya.

 

Penemuan benda-benda tersebut terjadi sejak tahun lalu hingga sekarang ini saat dilakukan pemugaran. Jika tidak dikerjakan sebelumnya, katanya, tidak akan diketahui terdapat benda-benda tersebut di sana.

 

“TSP dan TACB-nya saja tidak tahu. Tapi begitu ditemukan, dilaporkan. Untuk itu tim TSP dan TACB di bawah koordinasi Dinas Pariwisata akan lakukan pengujian,” katanya. (b1)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com