Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Muliaman: Jadikan Idul Fitri Pondasi untuk Bangun Silaturahmi

Minggu, 17 Juni 2018 | 14:19 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA- Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad mengatakan, semangat Idul Fitri harus dijadikan pondasi untuk membangun silaturahmi, membangun kerukunan, agar negara Indonesia menjadi negara yang makmur dan selalu dirahmati Allah SWT.


Muliaman mengatakan hal itu dalam khutbahnya saat menjadi khatib pada Shalat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah yang diselenggarakan di Wisma Kedubes RI di Gumligen, Bern dengan imam shalat ied Ustadz Risyan Nurhakim yang datang dari Maroko.


Makna Hari Raya Idul Fitri, kata Muliaman, salah satunya yaitu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.


Pensosbud KBRI Bern dalam keterangan yang diterima Antara, Minggu menyebutkan, dalam khutbahnya Dubes Muliaman juga menyampaikan pentingnya berbuat baik kepada orang tua, sanak keluarga dan sesama manusia.

Dia mengajak setiap insan untuk taat atas segala perintah Allah Swt dan menjauhi setiap apa yang menjadi larangan.

Momentum Idul Fitri hendaknya dijadikan awal untuk mengisi kehidupan dengan hal-hal yang baik dan positif. Selain itu, Hari Raya Idul Fitri juga merupakan kesempatan bagi sesama umat untuk saling maaf memaafkan.

“Sebagai sesama keluarga besar masyarakat Indonesia di negara akreditasi hendaknya saling menjaga kerukunan baik sesama umat muslim, maupun dengan mereka yang berbeda kepercayaan,” ucap Dubes Muliaman.

Umat muslim di Swiss merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah menjalani ibadah puasa Ramadhan. Puasa di Swiss tahun ini berlangsung selama 18 jam, dimulai sejak pukul 03.20 hingga 21.20.

Selama bulan Ramadhan ini, warga Indonesia di Swiss juga melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat menambah makna ibadah di KBRI Swiss seperti pengajian, buka puasa bersama, ceramah dan diskusi keagamaan, dengan mengundang Ustaz Risyan Nurhakim, yang saat ini tengah menimba ilmu di Maroko.

Kegiatan tersebut diinisiasi "Indonesische Islamischer Kultur Verein" yaitu Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia (IIKV), bekerja sama dengan KBRI Bern.

IIKV merupakan salah satu dari tiga kelompok pengajian masyarakat Indonesia di Swiss, yang rutin mengadakan pengajian bulanan di kota Bern, Swiss.


Meski berjauhan dari sanak keluarga di tanah air, namun kesempatan dapat melaksanakan Shalat Idul Fitri berjamaah dan merayakan Idul Fitri dengan sesama masyarakat Indonesia menjadi terasa di Tanah Air dengan berbagai hidangan khas seperti lontong sayur, sambal goreng, rendang, opor ayam, dan penganan ringan. (gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN