Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Percepat Realisasi Penataan Kawasan Mangkubumi

Kamis, 23 Agustus 2018 | 14:07 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Melalui mimbar terbuka ini kami berharap Pemerintah Kota Yogyakarta segera merealisasikan tata bangunan dan lingkungan untuk kawasan Mangkubumi. Aturan yang jelas dan tegas diperlukan sebagai panduan dalam pengembangan kawasan Mangkubumi yang tetap harmoni dengan kondisi masa yang akan datang.

Advertisement

Kami sependapat dengan para pemangku kepentingan lain yang juga menyuarakan hal yang sama bahwa penyusunan tata ruang dan bangunan ini penting dilakukan karena kawasan Mangkubumi adalah kawasan yang sangat strategis. Kawasan ini bersinggungan langsung dengan kawasan inti sumbu filosofi, yaitu dari Tugu hingga Panggung Krapyak, sekaligus berhimpitan dengan kawasan Malioboro.

Panduan atau acuan dalam pembangunan dan pengembangan kawasan Mangkubumi perlu dimiliki agar tidak lagi ditemukan pemanfaatan ruang yang tidak terkendali apalagi, dinamika perkembangan kegiatan ekonomi di kawasan Mangkubumi sangat tinggi.

Padahal, kawasan Mangkubumi harus tetap bisa bersinergi sebagai bagian dari inti sumbu filosofi di Yogyakarta.Payung hukum bagi pengaturan atau tata bangunan dan lingkungan kawasan Mangkubumi harus segera ditetapkan, bisa melalui peraturan Wali Kota Yogyakarta.

Hal sama sudah dilakukan dalam pengaturan tata bangunan dan lingkungan untuk sejumlah kawasan strategis lainnya, di antaranya kawasan Malioboro, dan kawasan di jalan-jalan sirip sepanjang Malioboro.Hal itu sejalan dengan konsep pengembangan kawasan Malioboro – yang merupakan kawasan tujuan utama wisata di Kota Yogyakarta--akan dikembangkan sebagai kawasan semi pedestrian.

Tentu saja kami berharap penyusunan tata bangunan dan lingkungan di kawasan Mangkubumi juga harus memerhatikan perkembangan di kawasan Malioboro. Dengan demikian, kedua kawasan wisata ini bisa semakin bersinergi.

Kami percaya pemerintah Kota Yogyakarta punya kemampuan menyusun tata bangunan dan lingkungan kawasan Mangkubumi yang baik, dengan memperhatikan banyak aspek.apalagi, kawasan Mangkubumi memiliki beberapa potensi.

Selain sebagai pusat pelayanan di Kota Yogyakarta, kawasan Mangkubumi juga merupakan sumbu filosofi, kawasan cagar budaya, dan kawasan yang banyak dilirik investor untuk menanamkan modalnya.

Keberadaan Stasiun Tugu di kawasan Mangkubumi tentu menjadi poin penting lainnya atas betapa strategisnya kawasan ini. apalagi, pembangunan bandara internasional Yogyakarta yang baru nanti kabarnya akan terintegrasi dengan jalur kereta. Semoga semua ikhtiar ini bisa menambah cantik ‘wajah’ Yogyakarta dan membawa dampak pada tata keteraturan, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat Yogya.

Danang Sumajaya

Yogyakarta

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN