Menu
Sign in
@ Contact
Search
Anies Baswedan. Sumber: BSTV

Anies Baswedan. Sumber: BSTV

Anies: Kegiatan Berkumpul dalam Jumlah Besar akan Ditindak

Selasa, 24 Maret 2020 | 22:14 WIB

JAKARTA, investor.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, semua kegiatan berkumpul dalam jumlah besar di wilayahnya akan ditindak tegas demi menekan penyebaran Virus Korona (Covid-19).

“Jadi kami meminta seluruh masyarakat untuk menjauhi kegiatan pengumpulan orang. Kalau ada, kami akan membubarkan, menegur penyelenggara dan menindak tegas,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (23/3).

Untuk menjalankan kebijakan tersebut, Anies menyebut pihaknya bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan TNI.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia periode 2014-2016 itu, kegiatan yang menempatkan banyak orang dalam satu lokasi sangat berisiko di tengah wabah penyakit Virus Korona (Covid-19).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo (tengah), didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan), sejumlah pejabat terkait memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Jakarta, Rabu (18/3/2020).  Dok. BNPB /Danung Arifin.
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo (tengah), didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan (kanan), sejumlah pejabat terkait memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di Jakarta, Rabu (18/3/2020). Dok. BNPB /Danung Arifin.

Apalagi, sampai berita ini diturunkan, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan jumlah pasien Covid-19 terbanyak di Indonesia dengan 307 kasus dan dari jumlah itu 29 pasien meninggal dunia dan 22 orang dinyatakan sembuh.

Total, di waktu serupa, ada 514 kasus Covid-19 di Indonesia. Sebanyak 29 pasien berhasil disembuhkan sementara 48 orang meninggal dunia. “Jadi ada potensi tindakan penegakan hukum dari kepolisian,” tutur Anies.

Sementara Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Nana Sudjana menegaskan bahwa pihaknya siap memberikan tindakan kepada setiap pelanggaran imbauan keramaian di wilayah DKI. Jika menemukan pengumpulan massa, Polda Metro Jaya tidak segan menjatuhkan sanksi.

“Kami akan meminta keterangan sesuai dengan kapasitasnya. Bisa dalam bentuk teguran, kalau memang arahnya ke pidana, kami akan angkat di situ,” kata Nana.

Patroli Skala Besar

Perkembangan penanganan virus korona di Indonesia. Foto Ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao
Perkembangan penanganan virus korona di Indonesia. Foto Ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao

Polda Metro Jaya menggelar patroli skala besar cipta kondisi untuk mencegah penyebaran Virus Korona di wilayah Ibu Kota Jakarta. Sasaran patrol membubarkan kerumunan dan orang nongkrong di jalan, sekaligus memberikan imbauan agar masyarakat lebih peduli dan sadar tentang pencegahan Korona.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Suyudi Ario Seto mengatakan, sekitar 250 personel gabungan Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Direktorat Sabhara, Direktorat Intelkam, dan Ditlantas, diturunkan untuk melakukan patroli skala besar, yang digelar sekitar pukul 20.00 WIB, Minggu (22/3) .

"Kami menggelar patroli skala besar cipta kondisi cegah Virus Korona, di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Patroli gabungan dilaksanakan agar masyarakat Jakarta lebih peduli, paham dan sadar akan pencegahan Virus Covid-19 yang semakin meluas," ujar Suyudi, Senin (23/3).

Dikatakan Suyudi, patroli digelar dengan mengedepankan sisi humanis, kemudian anggota dan masyarakat diminta tetap jaga jarak atau social distancing, serta tidak kontak langsung dengan orang sekitar. "Anggota yang menemukan perkumpulan atau orang nongkrong- nongkrong agar dibubarkan, dan yang tertangkap mengonsumsi alkohol atau narkoba diamankan.

Kemudian, orang tersebut kita berikan masker dan sarung tangan agar steril betul saat diamankan," ungkapnya. (b1)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com