Menu
Sign in
@ Contact
Search
Mendikbud Nadiem Makarim. Sumber: BSTV

Mendikbud Nadiem Makarim. Sumber: BSTV

MENDIKBUD NADIEM MAKARIM:

Pendidikan Hasil Kolaborasi Guru, Siswa, dan Orang Tua

Sabtu, 2 Mei 2020 | 12:00 WIB
Maria Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pendidikan adalah hasil dari kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua. Hal ini semakin terlihat ketika dunia, termasuk Indonesia, dilanda pandemi Covid-19, di mana saat ini para siswa harus belajar di rumah.

Untuk pertama kalinya, kata Mendikbud, para guru melakukan pembelajaran secara dalam jaringan (daring) dengan mengunakan perangkat baru dan menyadari sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di mana pun.

Selain guru, ujarnya, orang tua juga untuk pertama kali menyadari sulitnya tugas guru.

Dalam hal ini, orang tua menyadari betapa sulit tantangan yang dihadapi para guru untuk bisa mengajar anak secara efektif. Namun, kondisi ini kemudian menimbulkan empati kepada guru, yang tadinya

“Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari pendidikan bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah. Pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif tiga hal ini, guru, siswa, dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan efektif tidak mungkin terjadi,” kata Mendikbud Nadiem dalam video sambutan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 di Jakarta, Sabtu (2/5/2020).

Nadiem mengatakan, pada situasi pandemi ini, masyarakat juga belajar betapa pentingnya kesehatan, kebersihan, dan norma-norma kemanusiaan dalam masyarakat. Menurut Nadiem, timbulnya empati dan solidaritas di tengah masyarakat pada saat pandemi Covid-19 merupakan suatu pembelajaran yang harus dikembangkan, yakni bukan hanya di masa krisis, tetapi juga di saat krisis telah berlalu.

“Belajar memang tidak selalu mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksprimen. Inilah saatnya kita mendengarkan hati nurani dan belajar dari Covid-19 agar kita menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan,” ujar Nadiem.

Pada kesempatan sama, Nadiem Makarim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengikuti anjuran Presiden Joko Widodo untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta tetap belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Suara Pembaruan

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com