Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (IST)

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (IST)

Dorong Pengembangan Digital Health, Kemkes Siapkan Regulasi

Selasa, 23 Maret 2021 | 16:53 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pada era digital 4.0 ini tidak dapat dipungkiri segala aspek kehidupan berkaitan dengan  teknologi termasuk bidang pelayanan kesehatan yang mengikuti perkembangan tersebut.

Budi menyebutkan, dalam mendorong pengembangan teknologi, Kemkes  sebagai regulator juga menyusun  regulasi terkait dengan implementasi teknologi informasi (IT) termasuk untuk telemedicine dan e-health.

“Beberapa regulasi yang telah disusun  antara lain Permenkes Nomor 20 Tahun 2019  tentang Penyelenggaraan Telemedicine antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan  serta beberapa regulasi yang tengah dalam tahap  penyusunan yaitu tentang  electronic medical record (IMR) serta  telemedicine to passion serta beberapa  rancangan  regulasi lainnya,” kata Menkes  dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemkes) Azhar Jaya  pada Seminar Nasional Digital Medis 2021-Health Innovation Beyond Pandemic  secara daring, Selasa (23/3/2021).

Selanjutnya, Menkes berharap tenaga kesehatan (nakes) mampu menggali diri dalam  pengembangan serta implementasi  teknologi  komunikasi dan informatika, sehingga mampu membangun ekosistem integrasi  baik dan mampu meningkatkan kinerjanya.

Selain itu, lebih efisien dan efektivitas dalam rangka meningkatkan pelayanan  kesehatan  masyarakat Indonesia yang lebih sehat  dapat dapat benar-benar  diimplementasikan dengan baik terlebih dalam  pasca pandemi mendatang.

“Layanan kesehatan online dan sistem pendukung kinerja  dan manajemen fasilitas pelayanan kesehatan  dirasa sangat perlu  untuk berbenah dengan memaksimalkan teknologi IT yang digunakan mencapai efektivitas dan efisiensi sumber daya  terlebih dalam menghadapi pandemi  Covid-19,” kata  Menkes.

Menkes menyebutkan, sebagai langkah mempersiapkan era pasca pandem ini  harus terus mengoptimalisasi teknologi  kesehatan guna memberi pelayanan kesehatan yang  tetap mampu mengutamakan keselamatan pasien.

Menkes menyebutkan, konsep e-health dapat dikembangkan dengan mengelaborasi pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dalam hal ini dapat membangun kolaborasi dengan sistem sektor swasta dan  lembaga profit serta pengembangan e-health yang menjangkau masyarakat.

Dikatakan dia, adapun pengembangan yang  dimaksud yakni  excellent jejaring e-health  serta  mengembangkan modal sistem informasi kesehatan  publik untuk  pengawasan dan cepat respons untuk keadaan darurat.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN