Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Vaksin tiba di Bio Farma. Foto:Muchlis Jr - Sekretariat Presiden

Vaksin tiba di Bio Farma. Foto:Muchlis Jr - Sekretariat Presiden

Bio Farma: Vaksinasi Gotong Royong Gunakan Sinophram, Sputnik, dan CanSino

Kamis, 8 April 2021 | 21:44 WIB
Maria Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Direktur Utama PT. Biofarma, Honesti Basyir   mengatakan,  perkembangan  pengadaan  program Vaksinasi Gotong Royong hingga saat ini masih dalam tahap negosiasi. Sejauh ini, Bio Farma menegosiasi dengan 3 jenis vaksin, yakni Sinopharm, Sputnik,  dan CanSino.

Honesti  menyebutkan, dari ketiga produsen vaksin tersebut,  total ada 35 juta dosis vaksin untuk program vaksinasi  Gotong Royong.  

“Jadi total suplai vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong ini ada 35 juta dosis untuk kepentingan vaksin Gotong Royong,” kata Honesti  pada raker  Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI,  Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Pertama, Sinopharm dari Tiongkok yang ditargetkan pada April minggu ke-4  akan mendapatkan 500.000 dosis.  Lalu pada April -Juli 2021 akan ada tambahan 7 juta dosis.  Kemudian pada kuartal  3 dan 4 akan ada tambahan 7,5 juta dosis.

“Artinya dari Sinopharm ini, kita akan mendapat suplai vaksin  untuk kepentingan program Vaksin Gotong Royong  sebesar 15 juta dosis, ” ucapnya.

Kedua, Sputnik dari Rusia yang sedang difinalisasi dan registrasi,  Honesti   menyebutkan, sejauh ini komitmen dari Sputnik akan memberi 20 juta dosis.   Adapun pengiriman pertama, vaksin Sputnik  menunggu Emergency Use of Authorization (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Kalau informasi dari dari Kepala BPOM akan keluar akhir April ini, ya kita akan segera melakukan pengiriman di akhir April atau awal Mei 2021 dimulai 5 juta dosis  hingga Juli 2021,” ucap dia.

 Ketiga, CanSino,  Honesti  menyebutkan, saat ini sedang proses negosiasi, namun CanSino telah berkomitmen akan melakukan pengiriman 3 juta dosis vaksin pada Juli -September 2021. Kemudian, akan ada 2 juta dosis lagi pada  kuartal 4 (Q4), sehingga totalnya 5 juta  dosis.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN