Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aksi unjuk rasa terkait memperingati Hari Buruh Sedunia, di depan Patung Kuda arah Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5).

Aksi unjuk rasa terkait memperingati Hari Buruh Sedunia, di depan Patung Kuda arah Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5).

Unjuk Rasa Buruh Tuntut Omnibus Law Cipta Kerja DIcabut

Sabtu, 1 Mei 2021 | 13:12 WIB
Bayu Marhaenjati

Jakarta - Ratusan  buruh dan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa terkait memperingati Hari Buruh Sedunia, di depan Patung Kuda arah Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Mereka menuntut agar Mahkamah Konstitusi (MK) mencabut atau membatalkan Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja 

"Hari ini buruh dalam aksi 1 Mei, baik di Jakarta dan daerah kita menuntut satu tujuan besar yaitu, cabut dan batalkan Omnibus Law," ujar Ketua Harian KSPI Muhammad Rusdi, kepada Beritasatu.com, disela aksi unjuk rasa, Sabtu (1/5/2021).

Dikatakan Rusdi, buruh meminta kepada Makamah Konstitusi agar bertindak secara fair dalam proses persidangan terkait gugatan formil dan materil yang dilakukan buruh.

"Kenapa buruh menggugat Omnisbus Law ini ke MK, karena kami melihat bahwasanya Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja ini tidak sesuai dengan amanah dari konstitusi kita yaitu, UUD 1945 baik Pasal 27 hak warga negara mendapatkan pekerjaan dan kesejahteraan yang layak, maupun Pasal 28 tentang kesehatan dan lain-lain," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan  ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa damai, di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan, siang ini. 

Para buruh nampak menggunakan masker dan berupaya menjaga jarak karena aksi unjuk rasa di gelar di tengah pandemi Covid-19. Sebelum menjalankan aksi, mereka juga disebut telah melakukan tes swab antigen. 

Mereka terlihat membawa spanduk dan mengibarkan bendara serikat pekerja. Ada dua mobil komando yang diparkir di depan massa. Berkali-kali, koordinator aksi melalui pengeras suara mengingatkan agar massa tetap menjaga protokol kesehatan.

"Teman-teman tetap jaga protokol kesehatan, tetap memakai maskernya," begitu katanya.

Sementara itu, ratusan personel Polri terlihat melakukan pengamanan di sekitar aksi unjuk rasa. Beberapa mobil taktis seperti Baracuda dan Water Canon terparkir di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Polisi belum memberlakukan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus di sekitar lokasi.

 

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN