Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia, di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia, di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Buruh Tuntut THR Diberikan Penuh

Sabtu, 1 Mei 2021 | 16:14 WIB
Bayu Marhaenjati

JAKARTA, investor.id  - Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia, di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, ada dua kelompok massa buruh yang menggelar aksi unjuk rasa. Kelompok pertama dari Serikat Buruh Indonesia (SBI) dan Front Perjuangan Rakyat (FPR), menggelar aksi di depan Kantor Indosat, Jalan Medan Merdeka Barat. Sementara, kelompok satunya dari KSPI dan mahasiswa melaksanakan aksi demo di Silang Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan.

Berdasarkan siaran pers yang ditandatangani Kordinator Front Perjuangan Rakyat Rudi HB, menyatakan diantaranya berikan hak cuti hari raya dan tunjangan hari raya (THR) secara penuh kepada kaum buruh. Kemudian, perbaiki upah bagi kaum buruh dan cabut UU Nomor 11 Tahun 2020 terkait Omibus Law Cipta Kerja serta regulasi turunannya.

Massa juga meminta kompensasi Covid-19, yang cukup adil dan merata bagi kaum buruh, tani dan rakyat Indonesia lainnya. Selanjutnya, hentikan biaya berlebihan, dan berikan perlindungan sejati bagi buruh, buruh migran dan keluarganya. Sediakan sistem pendidikan, kesehatan dan perawatan bagi ibu serta anak-anak.

Aksi unjuk rasa terlihat kondusif. Massa tetap berupaya mengedepankan protokol kesehatan dengan saling menjaga jarak ketika berbaris dan memakai masker. Massa nampak membawa spanduk bertuliskan tuntutan dan mengibarkan bendera di depan mobil komando.

Sebelum turun ke jalan menyuarakan aspirasinya, massa buruh juga telah menjalani tes swab antigen. Polda Metro Jaya, mendirikan sejumlah posko kesehatan di sekitar lokasi demo.

Ratusan personel Polri juga terlihat melakukan pengamanan di sekitar aksi unjuk rasa. Beberapa mobil taktis seperti Baracuda dan Water Canon terparkir di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Polisi belum memberlakukan rekayasa lalu lintas atau pengalihan arus di sekitar lokasi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN