Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Kamis, 6 Mei 2021.

Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers, Kamis, 6 Mei 2021.

Harga Vaksin Gotong Royong Masih Digodok Kemkes

Kamis, 6 Mei 2021 | 20:01 WIB
Natasia Christy Wahyuni

JAKARTA, investor.id - Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong yang merupakan vaksinasi skema mandiri, saat ini masih dalam tahap koordinasi antara PT Bio Farma dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Wiku mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemkes) juga masih menggodok harga vaksin Gotong Royong tersebut.

“Permenkes (peraturan menteri kesehatan) terkait harga vaksin Gotong Royong sedang dibahas oleh Kementerian Kesehatan dan akan diumumkan setelah ada keputusan resmi,” kata Wiku dalam keterangan pers terkait perkembangan situasi Covid-19 di kantor presiden, Kamis (6/5/2021).

Menurut Wiku, pekerja warga negara asing (WNA) yang memiliki KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) ataupun KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) juga bisa mendapatkan vaksin dengan skema vaksin Gotong Royong.

Secara terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemkes, dr Siti Nadia Tarmizi, menyatakan pelaksana vaksinasi Gotong Royong adalah Bio Farma bersama Kadin.

“Ditunggu saja, nanti Bio Farma dan kadin yang akan melaksanakan,” ujar Nadia saat dihubungi Beritasatu.com, hari ini.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah resmi mengeluarkan otorisasi penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 Sinopharm buatan produsen Beijing, Tiongkok. Kepala BPOM, Penny K Lukito, mengatakan vaksin Sinopharm nantinya akan dipakai sebagai vaksin Gotong Royong.

“Bertambah 1 lagi jenis vaksin yang saya kira akan digunakan sebagai vaksin untuk vaksin Gotong Royong,” ujar Penny dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/4/2021).

Pemerintah sejauh ini memakai 3 jenis vaksin yang berbeda, sehingga dengan penambahan vaksin Sinopharm artinya ada 4 jenis vaksin yang masuk program vaksinasi nasional. Tiga vaksin Covid-19 sebelumnya adalah CoronaVac produksi Sinovac Biotech, vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma bekerja sama dengan Sinovac, dan vaksin Covid-19 AstraZeneca produksi SK Bioscience dari Korea Selatan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN