Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno. Foto: beritasatu.com

Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno. Foto: beritasatu.com

Pengamat: Pilih Capres, Rakyat Masih Lihat Tokoh Bukan Partai

Minggu, 30 Mei 2021 | 04:47 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Adi Prayitno mengatakan poros koalisi partai besar atau kuat belum tentu akan bisa memenangkan pertarungan politik dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Karena, sampai saat ini, rakyat Indonesia dalam memilih calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) tidak berdasarkan partai pengusung, melainkan melihat sosok ketokohan.

"Jadi sampai sekarang itu, dalam memilih capres dan cawapres, itu bicara tentang siapa yang diusung. bicara tentang figur. bukan lagi partai yang mengusung atau berapa banyak partai yang mengusung atau partai yang kuat," kata Adi Prayitno kepada beritasatu.com, Sabtu (29/5/2021).

Ia mencontohkan, bila PDI Perjuangan dan Gerindra jadi mengusung Prabowo Subianto dan Puan Maharani sebagai pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024, maka kedua partai besar dan kuat ini harus bekerja keras untuk memenangkan pertarungan politik. "Tentu kerja politiknya harus keras," ujar Adi Prayitno.

Meski tingkat elektabilitas Prabowo Subianto dari berbagai lembaga survei masih teratas atau unggul, menurut Adi, masih belum cukup untuk memenangkan pertarungan politik. Apalagi, tingkat elektabilitas Puan Maharani dari berbagai survei, masih belum signifikan.

"Puan kan tidak memiliki tingkat elektabilitas yang signifikan, itu hasil dari berbagai lembaga survei, termasuk survei yang saya lakukan, tingkat elektabilitas Puan belum mendapatkan sampai 1%. Padahal keduanya disokong oleh dua partai besar. Memang cukup menonjol Prabowo dan Puan, tapi sekali lagi butuh kerja keras," terang Adi Prayitno.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com