Menu
Sign in
@ Contact
Search

Rektor UI:  Pendidikan  Berperan Penting Menyiapkan Generasi Milenial Sambut Bonus Demografi

Rabu, 2 Jun 2021 | 11:10 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id -  Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro mengatakan,  tantangan terbesar bangsa ini adalah  penguasaan atas teknologi informasi dan  komunikasi  serta  artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Selain itu,  bonus demografi  yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030. Oleh karena itu, kata dia, sangat penting peran pendidikan sebagai tanggungjawab menyiapkan generasi milenial.

Menurut Ari, kegagapan menguasai teknologi tidak hanya menyebabkan tertinggal atau tergantung pada bangsa- bangsa lain, tetapi menyebabkan bangsa  akan rentan terhadap arus informasi berita palsu  atau hoaks. Selain itu, bisa melahirkan kemiskinan di bidang  literasi dan informasi.

“Sangat penting peran pendidikan untuk memikul tanggungjawab utama  termasuk menyiapkan generasi milenial untuk menyongsong bonus demografi  dan manfaatnya secara  optimal  untuk mewujudkan suatu lompatan yang jauh ke depan  bagi bangsa ini,” kata Ari pada webinar Series seri ke-3 dengan  bertemakan; “Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan” Selasa (2/6/2021).

Dikatakan Ari, bonus demografi merupakan suatu bonus apabila anak-anak muda memiliki kemampuan inovatif, kritis, dan kreatif  serta memiliki daya saing tinggi. Namun, apabila tidak, maka akan  terancam  menghasilkan jutaan lulusan perguruan tinggi yang tidak mampu menciptakan peluang  bagi diri sendiri maupun orang lain.

Advertisement

“Lagi- lagi kuncinya adalah pendidikan. Oleh sebab itu pendidikan nasional kita tidak boleh sampai gagal sebab kegagalan  bukanlah suatu opsi. Apalagi pandemi Covid-19 memaksa kita segera mungkin menciptakan terobosan- terobosan  khususnya di bidang pendidikan,” papar Ari.

Selanjutnya, Ari juga menyoroti  situasi pandemi. Kata dia, situasi tersebut tidak dapat ditolak, tetapi dapat menjadi momentum kemajuan pembangunan diri sebagai bangsa.  

Selain itu, situasi pandemi juga dapat menjadi pelajaran untuk  antisipasi bencana baru lainnya. Oleh karena itu, pentingnya pendidikan dapat mengantarkan bangsa mewujudkan cita-citanya ketika sedang berhadapan dengan tantangan besar bagi masa depan.

“Meskipun harus berjuang keras melawan arus kehidupan akibat virus Covid-19, tetapi saya berharap kita justru lebih siap  untuk menghadapi tantangan- tantangan besar yang lain yang telah menunggu  di depan kita,” pungkasnya. 

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com