Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) yang diselenggarakan oleh UPH dalam menyambut para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Jumat (27/8/2021).

Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) yang diselenggarakan oleh UPH dalam menyambut para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Jumat (27/8/2021).

Sandiaga Ajak Mahasiswa UPH Putuskan Pilihan Terbaik untuk Hidup

Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:33 WIB
Hendro Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH) memutuskan pilihan yang terbaik untuk hidup usai menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah. Di kehidupan nyata harus bisa menampilkan diri menunjukkan semua kemampuan dan pengalaman.

"Sebagai alumni UPH, sungguh kehormatan bagi saya kembali ke almamater ini yang menjadi sensasi dan flashback akan memori yang indah selama di UPH," katanya dalam webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) yang diselenggarakan oleh UPH dalam menyambut para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Jumat (27/8/2021).  

Menparekraf Sandiaga Uno (kiri atas), bersama Wamendag Jerry Sambuaga (tengah kedua kanan), Waket Bidakademik STIK Lemdiklat Polri Brigjen Pol Asep Adisaputra (atas kedua kanan),  Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) Stephanie Riady (tengah bawah), Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) DR (Hon) Jonathan L. Parapak (atas kedua kiri), Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Bagian Umum UPH Yonky Saputra (kanan atas), Wakil Rektor Bidang Pemasaran UPH Danny Lee Lian Fey (tengah kedua kiri), Wakil Rektor Bidang Akademik (Provost) & Dekan Eksekutif Fakultas Keperawatan UPH  Christine Sommers (tengah kiri), Wakil Rektor Bidang Teknologi UPH Firman Rusli (tengah kanan), dan Wakil Rektor Bidang Perkembangan dan Pembentukan Spiritual Mahasiswa Curtis Jay Taylor (bawah kanan), saat webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) bersama mahasiswa baru UPH, Jumat (27/8/2021).  Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal
Menparekraf Sandiaga Uno (kiri atas), bersama Wamendag Jerry Sambuaga (tengah kedua kanan), Waket Bidakademik STIK Lemdiklat Polri Brigjen Pol Asep Adisaputra (atas kedua kanan), Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) Stephanie Riady (tengah bawah), Rektor Universitas Pelita Harapan (UPH) DR (Hon) Jonathan L. Parapak (atas kedua kiri), Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Bagian Umum UPH Yonky Saputra (kanan atas), Wakil Rektor Bidang Pemasaran UPH Danny Lee Lian Fey (tengah kedua kiri), Wakil Rektor Bidang Akademik (Provost) & Dekan Eksekutif Fakultas Keperawatan UPH Christine Sommers (tengah kiri), Wakil Rektor Bidang Teknologi UPH Firman Rusli (tengah kanan), dan Wakil Rektor Bidang Perkembangan dan Pembentukan Spiritual Mahasiswa Curtis Jay Taylor (bawah kanan), saat webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) bersama mahasiswa baru UPH, Jumat (27/8/2021). Foto: BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal

Sandiaga sendiri dapat membuktikan bahwa ketika melangkah dan memasuki universitas kelas dunia, mahasiswa akan disuguhkan dengan berbagai kesempatan. Sebuah wadah yang akan membantu untuk memahami dunia, menambah keyakinan dan yang terpenting memahami diri sendiri. Ini menjadi kesempatan bagi untuk selalu mencoba proses trial and error.

Pada akhirnya di dunia yang serba tidak pasti ini, lanjut Sandi, menjadi benar dan sukses tidak selalu menjadi tujuan akhir, melainkan sebagai hasil dari proses mencoba gagal, bangkit dan istiqomah.

Dan setelah nantinya rekan-rekan UPH menyelesaikan pendidikan, inilah saatnya untuk menampilkan diri bagi semua kemampuan dan pengalaman dan memutuskan pilihan mana yang terbaik untuk hidup. 

Banyak mahasiswa baru disini yang galau dan menilai keadaan dunia kacau. Tetapi bagaimana pun hidup ini adalah mengambil sikap dan keputusan.

"Pekerjaan saya sebagai menteri (Menparekraf) memiliki tanggung jawab etika moral yang besar untuk pastikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita dapat dikembangkan dan dapat kontribusi pada perekonomian nasional," jelas alumni mahasiswa S3 angkatan 2016 yang menempuh pendidikan ilmu manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPH.

Oleh karena itu, ia sangat menganjurkan kepada mahasiswa untuk berani ambil keputusan. Tentunya yang berisiko itu dikalkulasi karena tanggung jawab semua bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang di sekitar.

"Bagi saya sendiri sebagai menteri tanggung jawab saya adalah 34 juta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya melihat dengan pandemi Covid-19 ini kita dipaksa untuk meningkatkan keterampilan kita," jelasnya.

"Kita dipaksa untuk lebih berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Konten digital adalah superstar dalam pandemi ini. Saya ingin garisbawahi sprint time naik, hampir 200% mulai dari big screen hingga small screen," tambah Sandi.

Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) yang diselenggarakan oleh UPH dalam menyambut para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Jumat (27/8/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno dalam webinar Distinguished Guest Speakers (DGS) yang diselenggarakan oleh UPH dalam menyambut para mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022, Jumat (27/8/2021).

Ia memberikan contoh seperti melihat atau mendengarkan dari serial lagu-lagu Rich Brian, drama Spanyol atau bermain games Mobile Legend dan lainnya. Dalam data terbaru subsektor seperti tv radio dan pengembangan aplikasi dan games telah menggeliat di tahun 2020.

"Nah gaes jadikan peluang ini sebagai periode kita untuk menjadi kemenangan. Porsi kalian selain mengonsumsi digital, kita juga harus produksi. Jangan salah paham dulu. Kalian adalah generasi yang selalu terkoneksi," bujuk Sandi.

Namun hal itu tidak akan bermanfaat kalau tidak memikirkan bagaimana bisa menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Generasi Z dan generasi milenial tidak terlepas dari dunia digital.

"Kalian sudah mengambil suatu peran dan kalian bukanlah generasi rebahan, tetapi agen perubahan. Terakhir adalah masa depan bangsa ini. Coba pahami dengan kreativitas, rasa hormat, respek kemampuan untuk mencoba. Gagal berkali-kali tidak masalah karena itu adalah proses," saran Menparekraf.

"Kalian akan bangkit sebagai generasi paling berwawasan, terkoneksi, dan generasi yang tangguh yang pernah ada. Dan ketahanan ini yang dibutuhkan oleh Indonesia tangguh dan tumbuh. Saya tunggu kalian di puncak kesuksesan," tutup Sandi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com