Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Ungkap Kendala Daerah Sulit Turun dari Level 4

Senin, 6 September 2021 | 22:20 WIB
Lenny Tristia Tambun

JAKARTA, investor.id   – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan kendala yang dihadapi sejumlah daerah yang mengalami kesulitan turun dari level 4. Salah satunya, penelusuran kontak erat pasien Covid-19 atau rasio kontak erat yang masih rendah.

“Contohnya pada rasio kontak erat, meski telah terjadi kenaikan signifikan rasio kontak erat dari 3,37 di awal Agustus menjadi 7,89 per 5 September,” kata Luhut Binsar Pandjaitan saat menggelar konferensi pers secara virtual, Senin (6/9/2021).

Namun, lanjut Luhut, masih banyak daerah rasio kontak erat yang di bawah 5. Sehingga menghambat daerah tersebut untuk turun level dari 4 ke level 3.

“Ini penting sekali. Kami berharap memang bisa sampai rata-rata 10 kontak erat, target pada waktu dua hingga tiga minggu kedepan,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan.

Lebih lanjut, Luhut menerangkan ada penurunan angka transmisi Covid-19. Kendati demikian, respon pemerintah daerah dalam tindakan pencegahan penambahan kasus Covid-19 masih rendah.

“Meskipun indikator transmisi mengalami perbaikan, seperti yang saya sebutkan di atas, namun indikator respon kesehatan pada banyak wilayah kota/kabupaten masih belum memenuhi target yang ingin kami capai,” terang Luhut Binsar Pandjaitan.

Respon pemerintah daerah yang masih rendah ini menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden telah memerintahkan dirinya untuk segera melakukan perbaikan dengan cermat.

“Fokus inilah yang menjadi pemerintahan dalam beberapa minggu kedepan. Dan presiden meminta kami memerintahkan kami untuk melakukan ini semua dengan cermat,” papar Luhut Binsar Pandjaitan. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN