Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
BNN RI hadiri pertemuan tnternasional ASOD ke-42 di Laos.

BNN RI hadiri pertemuan tnternasional ASOD ke-42 di Laos.

BNN RI Hadiri Pertemuan Internasional ASOD Ke-42

Jumat, 17 September 2021 | 22:13 WIB

JAKARTA - Pertemuan Internasional The 42nd ASEAN Senior Official Meeting on Drug Matters (ASOD) tahun 2021  ini diselenggarakan di Laos yang bertindak sebagai tuan rumah. Sedangkan koordinator pertemuan dipercayakan kepada Mayjen Pol Khamkong Phuilamanivong.

Pertemuan ini dihadiri perwakilan negara-negara ASEAN Member States (AMS). Delegasi Indonesia pada pertemuan tersebut, antara lain dari BNN RI yang diwakili Deputi Bidang Hukum dan Kerjasama BNN RI beserta Direktur Kerja Sama, Kapuslitdatin BNN RI dan Kepala BNNP Jawa Barat serta Direktur Polkam ASEAN Kementerian Luar Negeri. Beberapa instansi terkait lainnya mengikuti kegiatan tersebut secara virtual dari Hotel The Trans Bandung, (14/09).

Pada pertemuan ASOD ke-42 kali ini dibahas beberapa agenda, antara lain terkait capaian dan ringkasan dari forum-forum pertemuan ASEAN yang dilaksanakan sepanjang tahun 2021. Juga dibicarakan persiapan pelaksanaan forum-forum tersebut pada tahun 2022 oleh masing-masing negara tuan rumah. Agenda kegiatan dimaksud meliputi pertukaran cara pandang negara ASEAN dalam menghadapi narkoba dalam situasi pandemik Covid-19 dan Aktivitas yang dilakukan Indonesia selama menjabat sebagai Chairman 41st ASOD.

Topik lain yang juga dibicarakan seperti Mid-Term Review of the ASEAN Work Plan on Securing Communities Against Illicit Drugs 2016-2025, Mid-Term Review of the ASEAN Cooperation Plan to Tackle Illicit Drug Production and Trafficking in the Golden Triangle 2020-2022 (ASEAN Cooperation Plan), Russia's Proposal for Statement of ASEAN and the Russian Federation on Cooperation in the Field of Addressing and Countering the World Drug Problem, as Outcome Document of the 4th ASEAN-Russia Summit in October 2021.

Pada sesi presentasi Country Report, dibahas mengenai keberadaan sabu, ganja, ekstasi dan kokain yang merupakan jenis narkoba yang banyak beredar di kawasan Asia Tenggara. Ditemukan bahwa tren metode penyelundupan mulai mengandalkan platform internet dan media sosial dalam melakukan transaksi dan mendistribusikan melalui jasa logistik dan ekspedisi.


 

 

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN