Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
15 Perusahaan Siswa Dilatih Siasati Bisnis di Tengah Pandemi

15 Perusahaan Siswa Dilatih Siasati Bisnis di Tengah Pandemi

15 Perusahaan Siswa Dilatih Siasati Bisnis di Tengah Pandemi

Rabu, 29 September 2021 | 08:00 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Prestasi Junior Indonesia Bersama Citi Indonesia, AIG Indonesia, dan Marsh Indonesia melatih 323 pelajar yang tergabung dalam 15 student company atau perusahaan siswa dari 15 SMA/SMK di Jakarta dan Bandung dilatih untuk bisa mensiasati bisnis di tengah pandemi. Hal itu menjadi bagian dari program Student Company Competition 2021 yang memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha bagi pelajar SMA dan SMK melalui pengalaman langsung mengoperasikan sebuah usaha mikro secara mandiri di sekolah.

Ke- 15 Student Company tersebut adalah dari Jakarta (termasuk Tangerang Selatan dan Bogor) dan Bandung (termasuk Bandung Barat) yang berkesempatan mengikuti program tahun ini, antara lain SMAN 34 Jakarta (Qreate SC), SMAN 71 Jakarta (Saptalata SC), SMAN 81 Jakarta (Covarsi SC), SMAS HelloMotion (Semaja SC), SMA Cendekia A.K. Yasmin (Dojan SC), SMKN 6 Jakarta (Kanaksa SC), SMKN 20 Jakarta (Soe Wasa SC), SMKN 26 Jakarta (Kaveenic SC), SMKN 27 Jakarta (Merakee SC), SMKN 63 Jakarta (AYC SC), SMAN 1 Cisarua, Bandung Barat (Mico SC), SMAN 4 Bandung (Fouras SC), SMAN 8 Bandung (Astaponik SC), SMAN 11 Bandung (Elecra SC), dan SMKN 4 Bandung (Digitz4tion SC).

Co-Founder & Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menjelaskan di tengah situasi pandemi yang penuh tantangan, pengusaha muda perlu dilatih untuk peka terhadap perubahan perilaku konsumen dan dinamika pasar agar dapat mengembangkan strategi jitu dalam menjangkau target pasar. Selama empat bulan beroperasi, ke-15 usaha mikro ini terbukti berhasil memperoleh total pendapatan bisnis mencapai Rp 110 juta dengan mengandalkan pemasaran digital.

Melalui program tersebut, lanjut dia, para pelajar tidak hanya memperoleh pengalaman pertama berwirausaha tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang sangat dibutuhkan, seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah yang kompleks, komunikasi, kolaborasi, serta kreativitas.

Program Student Company Competition 2021 yang memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha bagi pelajar SMA dan SMK melalui pengalaman langsung mengoperasikan sebuah usaha mikro secara mandiri di sekolah.
Program Student Company Competition 2021 yang memfasilitasi pengembangan keterampilan berwirausaha bagi pelajar SMA dan SMK melalui pengalaman langsung mengoperasikan sebuah usaha mikro secara mandiri di sekolah.

"Dengan dukungan Citi Indonesia, AIG Indonesia, Marsh Indonesia, dan Dinas Pendidikan setempat, kami berharap upaya berkelanjutan ini dapat terus menjadi wadah lahirnya wirausaha muda baru Indonesia sekaligus mengakselerasi peralihan UMKM ke era digital," ungkapnya dalam keterangan pers, Rabu (29/9).

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Puni A Anjungsari menambahkan Citi Indonesia bersama PJI telah secara konsisten memberdayakan generasi muda untuk berwirausaha sejak tujuh tahun lalu melalui nilai investasi yang mencapai hingga lebih dari Rp 18 miliar.

Melalui hibah yang diberikan, para siswa tidak hanya dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide bisnis, namun juga dibina untuk mampu bersikap adaptif dan responsif dalam menghadapi tantangan. "Terutama dalam menghadapi kondisi disruptif seperti pandemi Covid-19," paparnya.

Lebih lanjut Robert mengatakan nantinya dari 15 student company tersebut akan dipilih empat sekolah terbaik akan bersaing dengan sekolah-sekolah dari regional lainnya dalam kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company of the Year Competition 2021. Kompetisi tersebut akan diselenggarakan secara daring pada November mendatang.

"Empat perusahaan siswa terbaik hasil penilaian juri kalangan profesional berhak mewakili daerahnya untuk memperebutkan tiket emas ajang bisnis Asia Pasifik di kompetisi tingkat nasional," tutupnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN