Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
MSC) di Kabupaten Mimika, Papua, digunakan untuk PON XX 2021. Foto:.Investor Daily/IST

MSC) di Kabupaten Mimika, Papua, digunakan untuk PON XX 2021. Foto:.Investor Daily/IST

TNI-Polri Siap Amankan PON Papua

Rabu, 29 September 2021 | 09:37 WIB
Bayu Marhaenjati

JAKARTA, investor.id  - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah meninjau langsung persiapan pengamanan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, di Stadion Lukas Enembe, Papua, Selasa (28/9/2021).

Panglima dan Kapolri, memastikan kegiatan mulai dari pembukaan, pelaksanaan hingga penutupan PON berjalan dengan aman, damai dan lancar.

"Semuanya telah disiapkan oleh panitia, oleh Pemerintah Provinsi Papua dengan baik, termasuk urutan pembukaan pada tanggal 2 Oktober nanti. Kalau dari sisi kelancaran di venue, akan dilaksanakan kolaborsi antara TNI-Polri, panitia dan relawan agar kegiatan pertandingan nantinya bisa berjalan dengan lancar, baik di veneu yang ada di Kabupaten/Kota Jayapura, veneu di Merauke, dan veneu di Mimika," ujar Hadi Tjahjanto.

Dikatakan Hadi, pihak keamanan bersama panitia dan relawan telah melakukan simulasi pengamanan dan kegiatan. Diharapkan semuanya berjalan dengan aman serta lancar.

"Semuanya sudah disimulasikan, dan kami berharap, dan kita semua berharap, dalam pelaksanaan mulai dari pembukaan sampai dengan jalannya pertandingan PON semuanya diberikan kelancaran," ungkapnya.

Sementara itu, Listyo Sigit mengatakan, TNI, Polri dan pihak panitia telah melakukan gladi atau persiapan pengamanan terkait keamanan venue, termasuk kegiatan pembukaan yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo, hingga penutupan PON XX.

Listyo memastikan, pengamanan yang dilakukan personel TNI-Polri telah disiapkan dengan baik. Para personel sudah diploting dan bersiaga di tempat-tempat yang telah ditentukan untuk melakukan penjagaan serta pengamanan pesta olahraga terbesar skala nasional itu.

"Tentunya dari kesiapan dan pelaksanaan yang ada kita melihat bahwa seluruh rangkaian, dan personel pengamanan sudah insert dan berada di posisi masing masing. Tentunya kita harapkan dengan adanya personel pengamanan yang sudah masuk, sudah diatur dari mulai ring 1 sampai dengan ring 4, diharapkan seluruh kegiatan pengamanan PON XX dapat berjalan dengan aman, lancar dan baik," kata Listyo.

Listyo menegaskan, operasi satuan tugas di wilayah Papua, juga terus melaksanakan pengamanan. "Begitu juga kegiatan-kegiatan operasi satgas yang lain tentunya terus kami perintahkan mengamankan seluruh rangkaian, sehingga proses pengamanan PON berjalan dengan baik," ucapnya.

Selain pengamanan, Listyo juga mengingatkan soal pentingnya menjaga kesehatan masyarakat dalam perhelatan PON, di tengah situasi pandemi Covid-19. Protokol kesehatan harus diterapkan, termasuk percepatan vaksinasi karena syarat untuk bisa menonton langsung pertandingan, masyarakat sudah harus divaksin.

"Imbauan kami terkait dengan kegiatan yang nanti akan dilaksanakan, dengan memberikan kesempatan kepada penonton hadir 25 persen dari kapasitas venue, kita harapkan untuk penonton yang hadir tentunya disyaratkan telah vaksin dua kali. Kami bersama bapak Panglima telah membuka gerai vaksin, kegiatan-kegiatan vaksin di empat wilayah venue dan diharapkan ini bisa direspon," jelasnya.

Listyo menuturkan, masyarakat dapat memanfaatkan gerai-gerai vaksin yang telah disiapkan, sehingga percepatan vaksinasi dapat berjalan dengan baik, sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami imbau untuk masyarakat manfaatkan gerai-gerai vaksin yang telah disiapkan TNI, Polri, Dinkes, untuk bisa memberikan pelayanan terbaik vaksinasi bagi masyarakat Papua," tandasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN