Menu
Sign in
@ Contact
Search
Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: BPMI Setpres

Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: BPMI Setpres

Komisi DPR Verifikasi Faktual ke Rumah Jenderal Andika Perkasa Sore Ini

Minggu, 7 Nov 2021 | 10:49 WIB
Lenny Tristia Tambun (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  – Setelah memberikan persetujuan menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto pada rapat yang digelar Sabtu (6/11/2021), Komisi I DPR akan melakukan verifikasi faktual dengan mengunjungi rumah Jenderal Andika Perkasa yang berlokasi di Patal Senayan, Jakarta Selatan, Minggu sore (7/11/2021).

Verifikasi faktual ini merupakan bagian dari rangkaian ujian yang harus dilalui Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Rencananya, Komisi I DPR RI akan menyambangi rumah Jenderal Andika pada pukul 16.00 Wib.

Dari Komisi I DPR RI, yang hadir dalam verifikasi faktual ini  terdiri dari 2 perwakilan masing-masing fraksi yang ada di komisi tersebut.

Selain sebagai rangkaian ujian, verifikasi faktual ini dilakukan untuk memastikan kebenaran berkas atau dokumen yang diserahkan Andika kepada Komisi I DPR RI, juga sekaligus untuk memperkenalkan lebih dekat lagi anggota Komisi I kepada calon panglima TNI tersebut.

Advertisement

Salah satu anggota Komisi I yang ikut adalah Syafullah Tamliha dari Fraksi PPP. Kepada wartawan, Sabtu (6/11/2021), Tamliha mengatakan kunjungan Komisi I DPR untuk verifikasi faktual ke rumah Jenderal Andika Perkasa akan dilakukan Minggu sore, pukul 16.00 wib.

Tamliha mengungkapkan anggota yang hadir dalam verifikasi faktual tersebut diantaranya 5 pimpinan Komisi I sebanyak 5 orang dan Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi) sebanyak 9 orang.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi. Kunjungan verifikasi faktual merupakan bagian dari rangkaian fit and proper test. Selain itu, juga tradisi yang dilakukan parlemen seusai fit and proper test.

Bobby menerangkan perwakilan yang hadir pada Minggu sore, pukul 16.00 wib ke rumah Andika Perkasa adalah dua orang tiap fraksi. Nantinya, perwakilan hadir dari dari partainya adalah Meutya Hafid dan Lodewijk Paulus.

Seperti diketahui, Komisi I DPR RI resmi memberikan persetujuan kepada Jenderal Andika Perkasa menjabat Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto, Sabtu (6/11/2021).

Keputusan itu diambil setelah gelaran Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) oleh Komisi I DPR. Rapat itu terkait penyampaian strategi dan kebijakan hingga pendalaman pertanyaan oleh fraksi-fraksi.

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Calon Panglima Jenderal TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI,” kata Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI seusai RPDU.

Selanjutnya sebagai bagian rangkaian fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan, Komisi I akan mendatangi rumah Andika Perkasa pada Minggu (7/11/2021).

Meutya mengatakan surat persetujuan akan diteken pimpinan Komisi I. Nantinya, surat itu akan dibawa ke rapat paripurna DPR terdekat.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com