Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nadiem Makarim saat menjadi pembina  Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2021 di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Nadiem Makarim saat menjadi pembina Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2021 di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Nadiem Janjikan 3 Hal Ini untuk Guru

Kamis, 25 November 2021 | 17:27 WIB
Fatima Bona

JAKARTA, investor.id  - Dalam rangka  memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjanjikan akan meluncurkan berbagai macam program tahun depan. Namun, khusus untuk guru  Nadiem menjanjikan 3 hal menjadi fokus utamanya.

Pertama, akan terus mendorong rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) untuk memastikan semua guru honorer bisa mengikuti tes seleksi dan yang lolos mendapatkan formasi untuk meningkatkan kesejahteraan guru.

"Itu sudah pasti prioritas pertama kita karena kalau  enggak  bisa menafkahi keluarga bagaimana bisa berkualitas," ujar Nadiem  pada acara Hari Guru Nasional (HGN) 2021 yang bertema "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan" di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021).

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan terima kasih kepada para guru pada acara Hari Guru Nasional (HGN) 2021.
 Acara Hari Guru Nasional (HGN) 2021.

Kedua,  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan meluncurkan berbagai macam platform teknologi yang akan meningkatkan kualitas dan mutu guru.

“Ini bukan hanya bagi-bagi laptop dan proyektor  besar di  sejarah Indonesia  tetapi  kita juga akan memberikan  berbagai macam pelatihan  online yang bisa diikuti guru-guru  secara mandiri  sesuai kebutuhannya  bukan belajar teori-teori  yang praktis dari  guru untuk guru. Relevan dan praktis, itu kuncinya,” ucapnya.

Ketiga, Kemendikbudristek akan menawarkan kurikulum yang jauh  jauh lebih merdeka bagi guru yang saat ini sedang diujicobakan  di sekolah penggerak.

Kurikulum penggerak ini yakni kurikulum yang bisa dimengerti oleh guru dan fleksibel sehingga guru boleh  mengadaptasi sesuai dengan  kebutuhan dan kemampuan  muridnya  serta memberikan guru kesempatan berkreasi dan berinovasi  sehingga proses pembelajaran jauh lebih mudah.

“Jadi kita bukannya ganti menteri  ganti kurikulum, bukan. Kurikulum yang akan kita tawarkan tahun depan adalah kurikulum yang memberikan  kemerdekaan kembali  kepada  guru-guru,” ucapnya.

“Jadi banyak hal yang pasti akan menarik tahun depan.  Tolong ditunggu, sabar dan nomor satu  tolong  desak  kepala Dinas Pendidikan  untuk sekolah tatap muka segera  dilaksanakan,” pungkasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN