Menu
Sign in
@ Contact
Search
Empat jarum suntik dengan latar belakang kata Omicron yang merupakan varian baru dari virus corona Covid-19. Foto ilustrasi: Justin Tallis / AFP

Empat jarum suntik dengan latar belakang kata Omicron yang merupakan varian baru dari virus corona Covid-19. Foto ilustrasi: Justin Tallis / AFP

Satgas: Omicron Belum Ditemukan di Indonesia

Jumat, 10 Desember 2021 | 16:31 WIB
Fatima Bona (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, dr Alexander Ginting mengatakan hingga  siang ini (10/12/2021) belum ditemukan varian Omicron di Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) yang mendeteksi varian virus Corona.

Alexander menyebutkan, sejak laboratorium pemeriksaan WGS diaktifkan, telah dilakukan  pemeriksaan  varian Covid-19 untuk memastikan varian apa saja yang tersebar di Indonesia. Namun, hingga saat ini baru ditemukan varian Alpha, Beta, Delta dan subvarian Delta. Sedangkan varian Omicron belum ditemukan.

“Sudah dari dulu pemeriksaan Whole Genome Sequencing untuk periksa varian-varian. Hanya  hasil yang keluar itu varian Alpha, Beta, Delta, dan sub varian Delta yang Omicron belum ketemu sampai siang ini. Kalau ketemu pasti diumumkan,” kata Alexander saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (10/12/2021).

Alexander menuturkan, ada 8 laboratorium yang mampu digunakan untuk pemeriksaan GWS mendeteksi varian virus Corona. 

Sebelumnya, ahli patologi klinik Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS) Solo, Tonang Ardyanto meyakini Covid-19 varian Omicron sudah ada di Indonesia, hanya saja belum terdeteksi. Menurutnya, di negara lain keberadaan Omicron sudah ada sebelum temuan/identifikasi dilansir.

Sementara jumlah tes swab polymerase chain reaction (PCR) Covid-19 di Indonesia masih di bawah standar minimal. Vaksinasi lengkap sudah mencapai 48,5% dan daya tahan sudah lumayan baik sejak puncak Covid-19 pada Juli lalu, sehingga gejala Omicron tidak tampak nyata.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com