Menu
Sign in
@ Contact
Search
Siswa siswi mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN 01 Pondok Labu, Jakarta Senin, Senin (3/1/2022). Foto:  BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Siswa siswi mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN 01 Pondok Labu, Jakarta Senin, Senin (3/1/2022). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

DPRD DKI Ingatkan 3 Hal Ini Menyangkut PTM 100%

Selasa, 4 Januari 2022 | 10:23 WIB
Markus Junianto Sihaloho (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo merekomendasikan agar Pemprov DKI Jakarta memperhatikan tiga hal menyangkut pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kapasitas 100% yang dimulai sejak kemarin (3/1/2022). Tujuannya adalah untuk menjaga keselamatan peserta didik.

Yang pertama, Anggara mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus memperhatikan kelompok umur 6-11 tahun yang baru boleh mulai divaksin pada 14 Desember 2021.

“Artinya mereka belum mendapat vaksin kedua dan masih rentan,” ungkap Anggara, Selasa (4/1/2022).

Kedua untuk anak kelompok umur di bawah 6 tahun, pihaknya mengusulkan untuk sementara masih menerapkan metode belajar jarak jauh sebagian atau blended learning. Artinya 50% di sekolah, dan 50% lain secara online. Hal ini dilakukan sampai vaksin dapat diterima pada kelompok usia tersebut. Pihaknya mendasarkan usul ini sejalan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Menurut Anggara, anak kelompok usia di bawah 6 tahun dan masih belum dapat vaksin, sangat rentan. Sehingga risiko semakin besar ketika sekolah usia dini PTM 100% diberlakukan.

Ketiga, Anggara mengingatkan agar sekolah mendorong transparansi data penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Hal ini bisa dilakukan dengan memaksimalkan peran orang tua.

Pihaknya mendorong Pemprov memberi ruang untuk memastikan orang tua dapat memilih dan mendapatkan pendidikan daring yang berkualitas.

“Orang tua tetap punya hak untuk memilih tidak ikut PTM dan tetap mendapatkan pendidikan via daring berkualitas, termasuk hak atas info perkembangan kasus covid di lingkungan sekolah,” kata Anggara.

“Kita tidak boleh lengah sebab anak-anak adalah salah satu kelompok rentan dalam pandemi ini,” pungkasnya.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com