Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Alexander K. Ginting

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Alexander K. Ginting

Satgas Akui BOR RS Terus Menanjak

Rabu, 12 Januari 2022 | 22:00 WIB
Hendro Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id   - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit (RS) mulai menanjak.

Kenaikan kasus positif Covid-19 hari ini (12/1/2022) sebanyak 646 kasus positif, padahal sehari sebelumnya hampir mencapai seribu kasus per hari. Akibatnya hal ini mulai berdampak terhadap keterisian tempat tidur rumah sakit.

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Brigjen dr Alexander Ginting,  mengungkapkan bahwa kenaikan BOR telah mencapai 5-6 %.

"Sudah ada, tapi belum spektakuler. Jadi kenaikan itu masih 5 sampai 6%. Kalau sebelumnya kita sempat 70%. Tetapi ini sudah ada riak-riak yang pelan-pelan, jadi bukan gelombang. Tapi ini sudah banyak," kata dr Alexander di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Advertisement

Dikatakan bahwa kenaikan kasus positif terjadi selama dua pekan terakhir. Salah satu akibatnya juga karena paparan varian Omicron.

Menurutnya, kasus Omicron masih didominasi dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang datang dari transportasi laut, darat maupun udara. Selain itu, transmisi lokal varian Omicron juga telah berkontribusi sebanyak 14% penularan di masyarakat.

"Tapi yang harus kita ingat, walaupun kita bicara Omicron, varian Delta itu masih ada di 34 provinsi. Tapi kita belum menggunakan istilah Deltacron, karena itu masih istilah di media, belum istilah resmi di badan kesehatan," pungkas dr Alexander.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN