Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 31 Januari 2022

Minggu, 16 Januari 2022 | 22:45 WIB
Lenny Tristia Tambun

JAKARTA, investor.id   – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) sekaligus Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan kasus omicron yang akan terjadi dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan, kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di luar Pulau Jawa dan Bali kembali diperpanjang selama 14 hari. PPKM ini diberlakukan mulai tanggal 18 hingga 31 Januari 2022.

“Terkait dengan perpanjangan penerapan PPKM di luar Jawa-Bali, ini kriterianya berdasarkan level assessment, kemudian juga capaian vaksinasi yang dosisnya pertama di bawah 50% dinaikkan 1 level. Sehingga perpanjangan dilakukan untuk 14 hari ke depan yaitu 18 sampai 31 Januari,” kata Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan pers seusai menghadiri rapat evaluasi PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Minggu (16/1/2022).

Airlangga merincikan jumlah kabupaten/kota di luar Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 1 ada sebanyak 238 kabupaten/kota. Jumlah ini mengalami peningkatan dari penerapan PPKM sebelumnya yang mencapai 270 kabupaten/kota.

Lalu, jumlah kabupaten/kota yang menerapkan PPKM Level 2 mengalami penurunan menjadi 138 kabupaten/kota dari sebelumnya sebanyak 148 kabupaten/kota.

“Jumlahnya mengalami penurunan karena mereka sudah bergeser ke level 1. Dan untuk PPKM level 3 tinggal 10 kabupaten/kota dan di level 4 ada nol kabupaten/kota,” ujar Airlangga Hartarto.

Kendati demikian, Airlangga telah melaporkan kepada Presiden Jokowi terkait adanya beberapa daerah yang mengalami peningkatan angka reproduksi rate, seperti di Sumatera naik 1, Maluku naik 0,92 dan Kalimantan naik 0,98. Sementara Papua, Nusa Tenggara dan Sulawesi mengalami penurunan angka reproduksi rate.

Selanjutnya, Airlangga mengungkapkan jumlah kasus aktif secara nasional per 15 Januari 2022 mencapai 8.463 kasus, kontribusi wilayah di luar Jawa-Bali sebanyak 194 kasus atau 23%.

“Kemudian kita lihat dari jumlah kematian juga terkait dengan per tanggal 15 Januari kemarin di luar Jawa Bali ada dua kasus, kasus kariannya per 15 ada 69 kasus, transmisi lokal ada 66 kasus, imported case 3 kasus,” terang Airlangga Hartarto.

Selanjutnya, terkait dengan varian omicron, Airlangga meminta masyarakat bersiap-siap menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Karena itu, ia mengimbau masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan.

“Karena puncak dari kasus ini diperkirakan masih akan terus terjadi di berbagai negara dalam 40 hari kedepan,” jelas Airlangga Hartarto.

Untuk mengantisipasi tersebut, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, pemerintah akan mempersiapkan vaksin Covid-19, baik itu vaksin merah putih maupun vaksin yang dapat diproduksi di dalam negeri. Semua vaksin harus dipersiapkan untuk pertengahan tahun atau Semester II-2022.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN