Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Adrianus Meliala.  Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Adrianus Meliala. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Arteria Punya Pelat Mobil Dinas Polri, Pakar: Mungkin Diskresi Pejabat Polri

Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:13 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id  - Pakar Krimonologi dan Kepolisian dari Universitas Indonesia (UI) Adrianus Meliala menduga bahwa Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan memiliki pelat mobil dinas Polri karena adanya diskresi dari pejabat Polri tertentu. Menurut Adrianus, hal ini yang perlu dijelaskan Polri kepada publik sehingga polemik ini menjadi terang dan jelas.

“Mungkin ada diskresi oleh pejabat Polri tertentu. Biar pejabat itu yang menjelaskan apa diskresinya,” ujar Adrianus kepada Beritasatu.com, Sabtu (22/1/2022).

Advertisement

Adrianus mengatakan diskresi tersebut merupakan keputusan pejabat yeng berwenang untuk mengenyampingkan ketentuan atau peraturan demi suatu tujuan yang lebih besar. Dalam polemik pelat mobil Arteria, menurut Adrianus, pejabat yang berwewenang adalah para petinggi Polri.

“Jadi, ada pertimbangannya (ketika menerbitkan nomor pelat kepada Arteria). Nah, apa pertimbangan itu? Saya nggak tahu,” tandas dia.

Dia juga menegaskan bahwa pelat dinas Polri hanya melekat pada kendaraan tertentu. Menurut dia, anggota DPR tidak termasuk yang memperoleh nomor khusus tersebut.

“Nomor polisi khusus itu melekat di kendaraan tertentu saja. Anggota DPR tidak termasuk yang memperoleh nomor polisi khusus,” pungkas Adrianus.

Pelat mobil Arteria Dahlan masih menjadi sorotan karena lima mobil Arteria yang disimpan di tempat parkir DPR menggunakan nomor pelat mobil yang sama, yakni 4196-07. Setelah menjadi sorotan, baru dipasang nomor pelat masing-masing mobil. Selain itu, nomor pelat ini disorot juga karena merupakan nomor khusus untuk kendaraan dinas Polri.

Arteria sudah mengklarifikasi bahwa nomor pelat tersebut hanya tatakan, bukan nomor asli dan hanya digunakan ketika parkir. Dia mengaku menggunakan nomor pelat asli jika melakukan perjalanan.

Sementara Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan membenarkan bahwa dalam data Slog Polri, pelat Nomor 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar, milik Arteria Dahlan.

“Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H Arteri Dahlan ST SH MH/ DPR RI,” kata Ahmad Ramadhan. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN