Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: BSTV

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: BSTV

Kasus Naik, Luhut Beri Sinyal PPKM di DKI Jakarta bakal ke Level 3

Senin, 24 Januari 2022 | 14:22 WIB
Lenny Tristia Tambun

JAKARTA, investor.id   – Berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali dan luar Jawa Bali, terlihat dalam sepekan terakhir ini, kasus Covid-19 di DKI Jakarta mengalami kenaikan. Karena itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan memberi sinyal level PPKM di Ibu Kota akan dinaikkan dari 2 menjadi level 3.

Luhut mengibaratkan kondisi pandemi Covid-19 di DKI Jakarta bagaikan teater perang. Hal ini mengakibatkan, kemungkinan besar PPKM akan mengalami perubahan.

"Teater perang pandemi yang terjadi di Jakarta menyebabkan asesmen situasi provinsi [DKI Jakarta] tersebut bisa mungkin berubah," kata Luhut Binsar Pandjaitan saat memberikan keterangan pers seusai mengikuti rapat terbatas (ratas) tentang evaluasi PPKM yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, Senin (24/1/2022).

Namun, Luhut tidak memberikan penjelasan secara detail mengenai perubahan level PPKM di DKI Jakarta. “Pemerintah secara konsisten memberlakukan provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu kesatuan wilayah aglomerasi di Jabodetabek, yang saat ini berstatus PPKM level 2,” ujar Luhut.

Rincian mengenai level PPKM, menurutnya, dapat dilihat dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang akan diterbitkan hari ini. Hanya saja yang pasti, sambung Luhut, akan terjadi penambahan wilayah PPKM level 1.

“Nanti rincian level PPKM dapat dilihat di Inmendagri yang terbit hari ini," ungkap Luhut.

Seperti diketahui, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mencatat, kasus aktif per kemarin bertambah menjadi 1.217 orang. Sehingga, total kasus di kawasan Ibu Kota kini mencapai 9.057 orang.

Adapun kasus positif Omicron di Jakarta tercatat 1.313 orang, di mana 854 orang di antaranya memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri, dan sisanya adalah kasus transmisi lokal.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi beberapa waktu lalu mengatakan bahwa memang ada potensi kenaikan kasus di Jakarta yang memicu gelombang ketiga Covid-19 yang diperkirakan terjadi di pekan kedua atau ketiga Februari 2022.

Nadia memperkirakan akan terjadi lonjakan kasus hingga 40-55 ribu kasus. Bahkan, diprediksikan kasus harian di Jakarta bisa mencapai kisaran 14.000 hingga 19.000 kasus.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN