Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua KPK Firli Bahuri. Sumber: BSTV

Ketua KPK Firli Bahuri. Sumber: BSTV

KPK Tegaskan Tak Lagi Gunakan Istilah OTT

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:49 WIB
Yustinus Paat

JAKARTA, investor.id  - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan bahwa KPK tidak lagi menggunakan istilah operasi tangkap tangan atau OTT. KPK, kata Firli, kini hanya memakai istilah ‘tangkap tangan’ saja.

“Dalam kesempatan ini perkenankan kami untuk menyampaikan tidak menggunakan lagi istilah operasi tangkap tangan. Tapi tangkap tangan,” ujar Firli. dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Menurut Firli, OTT tidak dikenal dalam konsep hukum Indonesia. Yang disebutkan dalam konsep hukum adalah istilah tertangkap tangan. “Kenapa karena dalam konsep hukum yang dikenal adalah tertangkap tangan,” tandas dia.

Lebih lanjut, Firli mengatakan, sejumlah pendekatan diambil KPK sebelum melakukan tangkap tangan, yakni dimulai dengan upaya melakukan pendidikan kepada masyarakat hingga upaya pencegahan melalui monitoring center for prevention (MCP) untuk melihat dan memetakan area rawan korupsi. Menurut Firli, MCP efektif untuk memitigasi korupsi.

"Delapan area intervensi seketika angkanya rendah kita bisa yakini daerah tersebut rawan tindak pidana korupsi. Itu betul bisa dibuktikan, yang tertangkap pastilah MCP-nya rendah," pungkas Firli.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN